Dongeng Cerita Anak Jeman Persahabatan Rubah Dan Kuda

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 21 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seorang petani memiliki seekor kuda yang sudah tua. Pada waktu mudanya, kuda itu banyak membantu petani. Tapi, kini ia hanya membebani petani.

“Pergilah dan jangan kembali sebelum kau lebih kuat dari singa,” usir petani.

Kuda pergi dengan sedih. Di sebuah hutan, ia bertemu seekor rubah.

“Kau nampak sedih sekali?” tanya rubah.

“Aku diusir tuanku. Padahal sewaktu muda, aku bekerja keras untuknya. Dia hanya mau menerimaku jika aku lebih kuat dari singa,” keluh kuda.

“Jangan gundah, Kuda. Aku akan menolongmu. Kau berbaringlah di sini dan berpura-pura mati,” kata rubah yang merasa kasihan kepada kuda.

Kuda menuruti perkataan rubah. Lalu, rubah pergi menemui singa. “Singa, ada kuda yang mati di sana. Pasti dagingnya enak,” kata rubah.

Air liur singa menetes mendengarnya. la segera pergi ke tempat kuda mati yang diceritakan rubah. Setibanya di sana, rubah berkata, “Di sini tidak nyaman untuk memakan kuda ini. Sebaiknya engkau bawa ke sarangmu, Singa,” kata rubah.

“Tapi, aku tidak bisa membawanya. Kuda ini besar,” kata singa.

“Aku akan menolongmu,” kata rubah, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (20/08/2020).

“Berbaringlah! Aku akan mengikatkan ekor kuda ke badanmu dan engkau bisa membawanya ke sarangmu,” kata rubah kembali.

Singa menyetujui usul rubah. la berbaring. Tapi, rubah ternyata mengikatkan ekor kuda ke empat kaki singa sehingga singa tidak bisa bergerak.

“Bangunlah, Kuda. Bawalah singa ini ke rumah tuanmu,” kata rubah. Kuda berdiri dan menggeret singa ke rumah tuannya. Singa hanya bisa meraung-raung marah.

Saat tiba di rumah petani, kuda berkata, “Ini singa itu, Tuan. Aku bisa mengalahkan singa. Berarti aku Iebih kuat dari singa.”

Melihat itu, Petani merasa kasihan pada kuda. Kuda akhirnya kembali ke rumah petani. la hidup bahagia selamanya.

Pesan Moral dari Cerita Tentang Persahabatan Rubah dan Kuda   adalah bantulah teman yang sedang dalam kesusahan. Pakailah akalmu untuk menolong teman. Pasti engkau akan disayang temanmu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: