Dongeng Anak Pendek Dari Nigeria Raja Yang Sombong

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Senin, 7 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kala di Afrika terdapat sebuah kerajaan. Kerajaan itu dipimpin oleh seorang raja yang sombong. Raja itu sering memperlakukan rakyatnya dengan semena-mena. Hal itu membuat rakyat ketakutan. Tak ada yang berani menentang raja. Semua kemauannya harus dipenuhi.

Suatu hari, raja menyuruh rakyatnya berkumpul. Ia hendak mengumumkan sesuatu. Semua rakyat pun berkumpul di aula istana. Raja sangat bangga dengan dirinya.

“Rakyatku, aku akan membuat sebuah keputusan, bahwa kalian semua adalah pelayanku. Tugas kalian adalah melayaniku.Tak ada yang boleh menentangku,” seru Raja.

Tak ada seorang pun yang berani menentang Raja. Olala… rupanya ada seorang kakek yang ikut berkerumun. Ia sama sekali tak setuju dengan pendapat Raja.

“Kau salah, Raja. Setiap orang adalah pelayan untuk orang lain.” kata sang Kakek.

“Siapa yang berani mengatakan itu?! Ayo hadapi aku!”seru Raja, marah, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (06/12/2020).

Sang Kakek lalu maju ke hadapan Raja.”Akulah orangnya. Seharusnya, kau adalah pelayan, wahai Raja. Aku datang ke sini untuk memintamu menggali sebuah sumur di desaku. Sudah beberapa bulan sumur di desa kami kering,” ucap sang Kakek tanpa rasa takut.

Wajah Raja merah padam. Sungguh, ingin sekali ia menghukum kakek itu.

“Kita sama-sama pelayan. Kita saling melayani. Aku akan buktikan kepadamu,” ujar sang Kakek.

“Jika kau bisa membuktikannya, maka aku akan menggali sumur di desamu. Bukan hanya satu, tapi tiga sumur sekaligus!” ucap Raja, sombong.

“Baiklah. Sebelumnya ada kebiasaan di desa kami. Jika kami bertemu dengan seorang raja, maka kami harus memberi hormat terlebih dahulu.Tolong pegangi tongkatku,”ucap sang Kakek.

Tanpa sadar, Raja mengikuti permintaan Kakek. Setelah memberi hormat kepada Raja, Kakek meminta tongkatnya kembali. Olala… tanpa sadar Raja langsung memberikan tongkat tersebut kepada kakek itu.

“Nah, kau sudah menuruti perkataanku. Apakah kau masih ingin bukti lain?” tanya Kakek, tersenyum puas.

Raja baru sadar bahwa ia telah melakukan apa yang Kakek perintahkan. Mau tidak mau, Raja harus memenuhi janjinya. Ia akan menggali tiga sumur di desa kakek.

Pesan moral dari dongeng anak bergambar : Raja Yang Sombong (Nigeria)  adalah sombong adalah sifat yang tak baik. Kalau sombong, itu sama sofa kau merendahkan diri sendiri di depan orang lain. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: