Dongeng Anak Pendek Dari Jepang Tukang Sampah Dan Ceret Ajaib

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Sabtu, 2 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ada seorang tukang sampah yang sangat rajin. Setiap hari ia datang ke kuil untuk mengambil sampah. Salah satu pendeta di kuil merasa iba dengan tukang sampah itu. Ia lalu menemui si tukang sampah dan memberikan sebuah ceret.

“Rawatlah ceret ini dengan baik. Ceret ini akan membawa keberuntungan untukmu,” ujar Pendeta.

Tukang sampah itu berterima kasih. Ia pun langsung membawa ceret itu ke rumahnya. Setibanya di rumah, ia membersihkan ceret tersebut. Ceret itu sudah tampak kusam. Bahkan seperti barang yang tak berharga. Tetapi, setelah tukang sampah membersihkannya, ceret itu kelihatan jauh lebih bersih.

Tukang sampah menaruh ceret itu di dapurnya. Rupanya, ceret tersebut bukan sembarang ceret. Ceret itu adalah ceret ajaib.

Saat malam tiba, tukang sampah kembali ke rumahnya. Setelah membersihkan dirinya, ia langsung melangkah ke tempat tidurnya. Namun, ia mendengar seperti ada yang memanggilnya. Olala… alangkah kagetnya si tukang sampah. Rupanya ceret itu bisa berbicara. Ceret itu sudah berada di kamarnya.

“Kau orang yang baik dan rajin. Terima kasih karena kau sudah mau merawatku dengan baik.” ujar ceret itu.

“Aku tak tahu bahwa kau dapat berbicara,” balas si tukang sampah, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (01/01/2021).

“Aku adalah ceret ajaib. Nah, sebagai hadiah atas kebaikanmu, aku akan membantu agar kehidupanmu menjadi lebih baik. Esok, buatlah sebuah pertunjukan agar orang-orang bisa menontonku,” pinta ceret.

Tukang sampah itu mengerti. Keesokan harinya, ia langsung mengumumkan kepada penduduk tentang ceret ajaib itu. penduduk banyak yang datang ke rumahnya. Olala… mereka sangat senang dan takjub melihat ceret ajaib itu.

Tukang sampah mendapatkan banyak uang dari pertunjukan tersebut. Semakin hari, semakin banyak yang mengetahui kehebatan ceret itu. Ceret tersebut bisa menari dan berbicara. Akhirnya banyak sekali penduduk yang ingin melihat ceret itu. Bahkan dari luar daerah pun banyak yang datang ke rumah si tukang sampah.

Sejak saat itu, hidup si tukang sampah tak miskin lagi. Kini, dia menjadi orang yang kaya. Ia pantas mendapatkan keberuntungan itu karena dia orang yang sangat rajin bekerja.

Pesan moral dari dongeng anak bergambar gratis : Tukang Sampah Dan Ceret Ajaib (Jepang) adalah rawatlah barang milikmu yang lama, jangan disia-siakan. Barang lama pun jika dirawat dengan baik maka tetap kelihatan bagus. Siapa tahu suatu saat nanti kau membutuhkannya kembali. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: