Dongeng Anak Pendek Berjudul Burung Kiwi Bukan Buah Kiwi

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 25 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Burung Kiwi baru pindah beberapa minggu lalu.Tetapi, ia sudah menjadi bahan pembicaraan warga hutan. Itu karena namanya sama dengan nama buah. Awalnya semua binatang ingin bertemu dengan burung kiwi. Mereka penasaran dengan bentuk burung yang namanya sama dengan nama buah. Apakah bentuknya sama dengan buah kiwi?

“Kenapa namamu kiwi? Apa karena kau menyukai buah kiwi?” tanya Burung Murai, penasaran.

“Entahlah kenapa aku diberi nama itu,” jawab Burung Kiwi tersenyum ramah. Dilansir dari Dongengceritarakyat.com (24/10/2020).

Awalnya Burung Kiwi senang karena banyak binatang yang memperhatikannya sehingga dia tidak merasa sendirian. Tapi lama-kelamaan rasa penasaran mereka berubah menjadi ledekan. Burung Kiwi mulai dijadikan bahan lelucon. Semuanya tertawa terbahak-bahak ketika Burung Kiwi datang. Burung Kiwi merasa sangat tidak nyaman. Tapi, tidak ada satu pun binatang yang memedulikan perasaannya.

Hingga suatu ketika, dalam beberapa hari Burung Kiwi tidak pernah terlihat keluar rumah. Banyak binatang yang mencoba mengetuk-ngetuk pintu rumahnya, tapi tidak berhasil. Tidak ada tanda-tanda Burung Kiwi mau membuka pintu.

“Apa dia sakit hati karena kita menertawakannya?” tanya Trenggiling.

“Kalau benar begitu, kita harus meminta maaf kepada Burung Kiwi. Sepertinya sikap kita kepadanya memang sudah keterlaluan,” ucap Burung Camar.

Karena berkali-kali mengetuk pintu tapi tidak ada jawaban, para binatang mulai khawatir. Akhirnya mereka memutuskan untuk mendobrak pintu rumah Burung Kiwi. Trenggiling yang bertugas mendobrak pintu. Rupanya Burung Kiwi sedang sakit. Dia tidak bisa turun dari tempat tidurnya, apalagi membuka pintu.

“Maafkan kami, Burung Kiwi. Apakah kau sakit karena perlakuan kami begitu keterlaluan?” tanya Burung Camar.

“Oh, tentu saja tidak. Aku memang agak kesal, tapi bukan itu yang membuatku sakit. Aku sakit karena hujan-hujanan. Tapi terima kasih karena kalian sudah sangat memperhatikanku,” jawab Burung Kiwi.

Olala… rupanya hanya salah paham.

Pesan moral dari Dongeng Anak Pendek : Burung Kiwi Bukan Buah Kiwi sebuah lelucon seharusnya dapat dinikmati oleh kedua belah pihak, bukannya mempermalukan salah satunya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: