Dongeng Anak Filipina Berjudul Anak Yang Menjadi Batu

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Senin, 5 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu kala, di sebuah desa di Filipina, ada seorang anak laki-laki bernama Elonen. Suatu hari, ketika ia sedang membuat perangkap burung di teras rumah, seekor burung kecil datang menghampirinya. “Cult, cult, cult, ayo tangkaplah aku!” kata burung kecil.

“Aku sedang membuat perangkap untukmu. Aku akan memeliharamu,” kata Elonen. Sementara itu, burung kecil terus menyuruh Elonen menangkapnya.

Elonen selesai membuat perangkap dan segera melemparkannya pada burung kecil. Burung kecil pun tertangkap. Elonen menyimpan burung kecil di sebuah sangkar.

Tidak lama kemudian, teman-teman Elonen datang dan mengajaknya berenang di sungai. Elonen pergi berenang di sungai.

Saat Elonen pergi, nenek Elonen pulang. la Iapar sekali. la melihat burung kecil yang diletakkan Elonen di dalam sangkar. Nenek Elonen pun menyembelih dan memakan daging burung itu.

Sore harinya, Elonen pulang. la sedih sekali mengetahui burung kecil telah dimakan neneknya. Sambil menangis, Elonen pergi dari rumah. Elonen pergi jauh sekali sampai bertemu sebuah batu. “Batu, bukalah mulutmu dan makanlah aku!” kata Elonen. Lalu, batu segera membuka mulutnya dan memakan Elonen.

Sementara itu, nenek sangat kehilangan Elonen. la pergi mencarinya sampai jauh. Akhirnya, ia menemukan batu itu. “Cucumu telah aku makan,” kata batu, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (04/07/2021).

Nenek mencoba membuka mulut batu, tapi gagal. la memanggil kuda dan memintanya menendang batu hingga pecah, tapi juga gagal. la memanggil kerbau dan memintanya untuk menanduk batu, tapi tanduk kerbau justru patah.

Tidak ada yang bisa membuka mulut batu. Akhirnya nenek Elonen pulang dengan sedih. la menyesal telah memasak dan memakan burung milik Elonen.

Pesan MoraI dari Buku Dongeng Anak Bergambar Filipina : Anak Yang Menjadi Batu adalah jangan jadi anak yang mudah marah dan manja. Sampaikanlah apa yang mengganggu pikiranmu. Jangan disimpan sendiri didalam hati. (Uli)