Dongeng Anak Dari Prancis Rubah Muda Yang Tidak Sabar

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Rabu, 21 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Reynard si rubah muda tinggal di hutan bersama ayahnya. Lalu, ayahnya berkata, “Mulai saat ini, kau boleh berburu denganku.”

“Ya, Ayah. Tapi, aku berani berburu seorang diri kok,” kata Reynard.

“Kau belum siap berburu sendiri. Masih banyak yang harus kamu pelajari. Jangan pergi berburu tanpa ayah. Ingat itu!” kata ayah Reynard.

Reynard hanya diam. Tapi besoknya, saat ayahnya tidur, Reynard pergi keluar dan berburu. la berhasil pulang membawa ayam hutan yang gemuk.

la membangunkan ayahnya dan berkata, “Lihatlah apa yang aku tangkap, Ayah! Aku bisa berburu sendiri, kan.”

“Kau masih sangat muda dan tidak pengalaman. Tidak baik berburu saat siang hari,” kata ayahnya.

Tapi, Reynard tidak menuruti peringatan ayahnya. Setiap hari, ia berburu. la telah berhasil membunuh banyak ayam, kalkun, dan bebek sehingga banyak petani ingin menangkapnya.

Pada suatu malam, ayah Reynard hendak berburu sendiri. Tapi, diam-diam Reynard mengikutinya. Ayah Reynard pergi ke sebuah peternakan. la merangkak dan diam menunggu. Reynard mengikuti gerak-gerik ayahnya.

“Apa-apaan ayah ini,” pikir Reynard, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (20/07/2021).

“Itu ada kalkun besar yang mudah untuk ditangkap. Mengapa ayah tidak segera menangkapnya? Dia pasti telah kehilangan kemampuan beburunya. Biar aku yang menangkap kalkun itu,” kata Reynard.

Reynard pun berlari hendak menangkap kalkun. Tiba-tiba, Reynard terjebak oleh sebuah perangkap. “Aww…, bodoh sekali aku,” sesalnya.

“Aku hanya melihat umpannya, tapi ayah melihat perangkapnya. Seharusnya, aku mendengarkan nasihat ayah,” keluh Reynard.

Pesan moral dari Buku Dongeng Prancis : Rubah Muda yang Tidak Sabar adalah jadilah anak yang sabar. Turutilah nasihat orang tua. Sebab, mereka lebih tahu mana yang baik dan buruk untukmu, Ingatah sekali lagi, jangan tergesa-gesa. (Uli)