Dongeng Anak dari Negeri Cina Asal Usul Kupu-Kupu

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 6 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dahulu, ada seorang menteri di istana kaisar. la telah lama mengabdi kepada kaisar. Namun, persaingan dengan menteri-menteri Iainnya membuatnya Ietih dan bosan.

Suatu hari, sang menteri minta diantar ke puncak bukit dengan masih memakai baju kebesarannya yang indah dan berwarna-warni. Sesampainya di sebuah padang rumput, menteri menyuruh pembantunya pulang dan menjemputnya sore hari.

Menteri duduk di sebuah bebatuan yang hangat. Wajahnya murung sekali. la memerhatikan rumput-rumput yang melambai-lambai ditiup angin. la juga melihat beberapa tupai bermain di antara pepohonan.

Ada juga Iebah yang terbang menari di antara bunga-bunga. Sesekali, Iebah itu hinggap dan menari di baju kebesaran menteri yang berwarnawarni.

“Kalian pasti berpikir bajuku ini bunga ya,” pikir menteri sambil tersenyum, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (05/09/2020).

Menteri lalu mengeluarkan pisaunya dan merobek bajunya. la melemparkan robekan bajunya itu ke atas dan berkata, “Silakan kau nikmati, Iebah yang lapar!”

Tapi kemudian, menteri terkejut melihat robekan bajunya berubah menjadi serangga cantik yang bisa terbang. Serangga itu hinggap dari satu bunga ke bunga Iainnya.

“Apakah aku bermimpi?” kata menteri. la merobek lagi bajunya dan melemparkan ke udara. Lagi-lagi, robekan itu menjadi serangga cantik yang terbang. Menteri tertawa gembira melihat binatang itu. Wajahnya terlihat bahagia sekali.

Saat pembantunya datang sore hari, mereka kaget melihat baju menteri telah sobek-sobek. Me- reka juga melihat serangga cantik yang terbang di sekeliling menteri.

Menteri membungkukkan badannya ke arah serangga cantik itu dan pulang dengan pembantunya. Kini, ia telah segar kembali. Lelahnya telah hilang. Serangga cantik yang bisa terbang itu kini disebut dengan nama kupu-kupu.

Pesan Moral dari Dongeng Anak dari Cina : Asal-Usul Kupu-Kupu adalah Biasakanlah beristirahat jika kamu sudah capai. Imbangi kesibukanmu dengan berekreasi serta bermain bersama teman dan keluarga. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: