Dongeng Anak Bergambar Dari Afrika Selatan Serigala Dan Hyena

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 27 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Suatu hari, ada seorang nelayan yang melewati hutan. Ia membawa banyak sekali ikan hasil tangkapannya. Hal itu diketahui oleh Serigala. Serigala ingin sekali memakan ikan yang dibawa oleh nelayan itu.

Nelayan menaruh ikan-ikan tangkapannya di gerobak miliknya. Ia menarik gerobak itu dengan cepat sehingga Serigala kesulitan untuk naik ke gerobak itu.

“Aku harus mencari cara agar bisa mendapatkan ikan-ikan itu,” batin Serigala. Ia pun terus mengejar nelayan itu. Tapi, lagi-lagi sulit sekali untuk masuk ke dalam gerobak Nelayan. Akhirnya ia pun menyerah.

Nelayan hampir setiap hari melewati jalan tersebut. Jadi, esok Serigala masih memiliki kesempatan untuk menikmati ikan yang dibawa oleh Nelayan. Maka ia pun mencari akal untuk mendapatkan ikan Nelayan.

Benar saja, keesokan harinya, Nelayan melewati jalan yang sama. Ia membawa banyak ikan di gerobaknya.

“Aku akan pura-pura mati agar nelayan itu mengambilku,” ucap Serigala, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (26/12/2020).

Serigala melaksanakan rencananya. Ia berpura-pura mati. Ia merebahkan diri di jalan yang dilalui oleh nelayan. Ia sama sekali tak bergerak. Nelayan melihat serigala itu.

“Wah, ada serigala yang mati. Akan kubawa dia ke rumah. Akan kuambil kulitnya yang bagus ini.” ujar Nelayan.

Nelayan lalu menaruh Serigala pada tumpukan ikan di gerobak. Alangkah senangnya hati Serigala. Ia bisa menikmati ikan yang cukup banyak tanpa diketahui oleh Nelayan. Saat sudah kenyang, Serigala pun turun dari gerobak dan segera berlari.

Serigala menceritakan pengalamannya kepada temannya, Hyena. Hyena sangat tertarik dengan ide Serigala.

“Besok akan aku coba idemu. Semoga aku juga bisa makan ikan segar sepertimu,” ujar Hyena.

Benar saja, keesokan harinya, Hyena pura-pura mati. Ia melakukan hal yang persis sama dengan yang dilakukan Serigala. Ia merebahkan dirinya di tengah-tengah jalan yang dilewati oleh Nelayan.

Beberapa saat kemudian, lewatlah seorang nelayan dengan membawa ikan yang banyak di gerobaknya. Nelayan itu melihat Hyena, lalu menghampirinya.

“Bangkai anjing ini sungguh menggangguku. Tak ada yang bisa aku ambil darinya. Bulunya juga sangat jelek,” ujar Nelayan.

Nelayan melemparkan Hyena ke tepi jalan hingga mengenai sebuah batu besar. Hal itu membuat tubuh Hyena memar-memar.

Saat Nelayan sudah pergi menjauh, Hyena pun segera pergi menemui Serigala. Ia menceritakan apa yang telah terjadi. Serigala tak bisa berkata apa pun.

“Rupanya aku tak bisa meniru caramu. Kita memang berbeda,” ujar Hyena.

Pesan moral dari contoh cerita anak : Serigala Dan Hyena (Afrika Selatan) adalah jadilah diri sendiri. Jangan suka meniru orang lain, apalagi meniru keburukannya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: