Dongeng Anak Bergambar Berjudul Berang-Berang Dan Bendungan Megahnya

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 27 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tahukah kalian ada binatang yang sangat tangguh dan bisa membuat  bendungan yang sangat besar? Ya, dialah berang-berang. Satu pasang berang-berang bisa membuat bendungan dan membuat danau yang cukup besar. Wah, sungguh binatang yang kuat.

Suatu hari, satu pasang berang-berang ingin membuat sarang baru. Namanya Tobi dan Bee. Untuk membuat sarang, mereka harus mencari tempat yang memiliki cukup banyak air. Setelah menemukan sebuah sungai,Tobi dan Bee harus menghentikan laju air hingga terbentuk danau yang cukup dalam.

“Di sini kita akan buat sebuah bendungan berbentuk cekung. Mungkin akan menyita waktu yang banyak. Apa kamu siap, Bee?”tanya Tobi.

“Tentu saja aku siap,” sahut Bee, mantap, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (26/10/2020).

Mereka memulainya dengan menebang pohon-pohon besar untuk dijadikan tanggul.Tobi dan Bee mengerikiti pohon sedemikian rupa hingga saat pohon itu tumbang, jatuhnya langsung ke sungai. Lalu Tobi dan Bee menyusunnya menjadi seperti tanggul.

Namun, kadang-kadang ada juga pohon yang tidak bisa langsung jatuh ke dalam sungai. Jika itu terjadi, maka Tobi dan Bee harus bekerja ekstra keras untuk menyeret pohon itu ke arah sungai. Tapi, mereka bekerja dengan sangat sabar.

Hari berganti minggu. Minggu berganti bulan. Tanggul yang dibuat Tobi dan Bee sudah semakin besar. Air juga sudah semakin naik. Danau sudah mulai terbentuk.

Tetapi, pekerjaan Tobi dan Bee belumlah selesai. Selain harus membenahi bagian tanggul yang rusak, mereka berdua juga harus menyelesaikan sarang di salah satu tepi danau. Sarang itu haruslah aman, nyaman, dan kokoh. Tobi dan Bee sengaja membuat pintunya di dalam air. Mereka juga membuat lorong-lorong sebagai jalan satu-satunya untuk mencapai ruang tengah, ruang tamu, dan kamar tidur. Wah, benar-benar diperhitungkan, bukan?  Ya, Tobi dan Bee membuat sarang yang sangat aman karena hanya mereka yang dapat masuk.

Setelah bulan-bulan yang penuh kerja keras, Bee akan melahirkan anak-anak di dalam sarang. Tobi dan Bee sangat bahagia dengan sarang barunya serta anak-anaknya yang baru lahir. Kelak, anak Tobi dan Bee juga akan membuat bendungan serupa. Bendungan yang sangat megah dan mirip buatan manusia. Ahai! Sungguh hebat berang-berang ini.

Pesan moral dari Dongeng Anak Bergambar : Berang-Berang Dan Bendungan Megahnya adalah untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, perlu adanya keteguhan dan kesabaran. Sebab, tidak semua hal di dunia ini bisa kita dapatkan dengan mudah. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: