Disperindag Tangsel Siapkan Ruang Konsultasi HAKI Gratis

FOTO: Eksklusif Disperindag Tangsel for indolinear.com

Indolinear.com, Tangsel – Mulai tahun 2020, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan menyediakan ruang konsultasi bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dalam proses mendapatkan Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Kunti Bratajayaadmajaningsih selaku Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, menuturkan ruang konsultasi ini tidak dipungut biaya dan beroperasi setiap hari Rabu pukul 10.00 WIB – 15.00 WIB.

“Melalui adanya ruang konsultasi ini, kita harapkan para IKM di Tangsel semakin tumbuh dan memiliki HAKI atas setiap produknya,” ujarnya saat kegiatan Forum OPD di Remaja Kuring, Serpong, Tangsel pada Selasa, 17 Maret 2020.

Perlu diketahui, HAKI adalah hak yang berasal dari hasil kegiatan intelektual manusia yang memiliki manfaat ekonomi.

Kemudian, Kunti menambahkan, pada tahun ini pun ada tiga produk IKM Tangsel yang mendapatkan lebel Makanan Dalam atau MD dari BPOM. MD adalah nomor izin yang dikeluarkan BPOM untuk industri makanan besar dari dalam negeri. Selain itu, tahun ini pun ada dua produk IKM yang mendapatkan label SNI.

“Ini sangat apresiasi sebab untuk mendapatkan label tersebut tak mudah. Perlu proses seperti lab yang memerlukan biaya mencapai Rp10 juta. Namun dengan kerjasama bersama BPOM maka label ini diberikan gratis,” katanya.

Untuk peningkatan produk IKM, Kunti menuturkan, Pemkot Tangsel telah bekerjasama dengan PHRI dalam memasukan produk ke hotel dan juga minimarket.

Diharapkan, dengan adanya kerjasama bersama semua pihak maka produk IKM Tangsel dapat berkembang dan memberikan manfaat ekonomi bagi pengusahanya.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan sudah menyiapkan 10 program yang akan dijalankan pada tahun mendatang.

Dengan capaian kerja program prioritas saat ini sudah sampai 90 persen, maka program mendukung misi keempat yakni ekonomi kerakyatan berbasis inovasi dan unggulan dapat terlaksana.

“Kita akan tingkatkan terus IKM di Tangsel. Apalagi pertumbuhan ekonomi dan jasa di Kota ini begitu besar,” paparnya. (ADV)

INDOLINEAR.TV