Disperindag Tangsel Rekomendasikan Plastik Ramah Lingkungan

FOTO: sopi/indolinear.com
Selasa, 23 Februari 2016

Indolinear.com, Tangsel – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan memuji langkah pihak supermarket Tiptop lantaran telah menggunakan plastik Go Green. Pemakaian plastik ramah lingkungan itu telah lama dilakukan supermarket Tiptop Cabang Ciputat.

Kabid Industri Disperindag Pemkot Tangsel, Ferry Payacun mengatakan, pemakaian plastik ramah lingkungan di supermarket lebih baik dibandingkan dengan program plastik berbayar kepada masyarakat Rp 200 yang diberlakukan pemerintah.

“Saya lebih setuju seluruh supermarket memakai plastik ramah lingkungan, tidak perlu yang bayar Rp. 200 itu,” ujarnya ketika melakukan monitoring dan pembinaan di Supermarket Tiptop, Ciputat, Tangsel bersama dengan 7 aparat Disperindag, Senin (22/2/2016).

Sementara pihak Tiptop menyatakan memilih menggunakan plastik Go green seperti yang sudah dilakukan pihaknya. Sedangkan terkait plastik berbayar, pihaknya masih mendiskusikan solusi terbaik mengenai pembayaran Rp. 200 kepada pembeli di supermarketnya.

“Saat ini kami masih rapat dengan Aprindo dan Badan lingkungan hidup. Kami tetap ingin mengikuti regulasi yang ada,” ujar Yusuf, pimpinan Tiptop Cabang Ciputat

Yusuf menambahkan, pihaknya masih menunggu keputusan hasil rapat untuk memberlakukan pembayaran Rp 200 tersebut atau tidak. Sebab, kantong plastik yang digunakan Tiptop telah memiliki standar ramah lingkungan.

“Sudah mengikuti beberapa tes dengan hasil plastik itu dapat hancur selama setahun,” tambah Yusuf.

Sementara bagian HRD supermarket Tiptop, Ella, mengkhawatirkan bila pembayaran iuran Rp 200 dapat membebani pelanggan.

“Kami cuman takut membebankan customer aja,” ujarnya. (sophie)

loading...