Dishub Kota Bekasi Membangun Lajur Sepeda Di Jalan Protokol

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Minggu, 22 November 2020
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi mulai membangun lajur sepeda non-CFD (car free day) di Jalan Jenderal Ahamd Yani, Kecamatan Bekasi Selatan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi Teguh Indrianto mengatakan, jalur sepeda non-CFD ini bisa dimanfaatkan warga yang ingin melakukan mobilitas kesehariannya menggunakan sepeda.

“Jadi jalur sepeda yang tahun ini dilaksanakan sifatnya pengembangan, di Jalan Ahmad Yani sebenarnya kita sudah ada jalur sepeda tapi hanya bisa digunakan untuk CFD,” kata Teguh saat dikonfirmasi, dilansir dari Wartakota.tribunnews.com (21/11/2020).

Pihaknya lebih dulu membangun jalur sepeda khusus CFD yang terletak di kanan jalan. Namun lantaran letaknya yang ditengah-tengah, masyarakat tak bisa memanfaatkannya.

Terlebih lagi, sejak Covid-19 mewabah, kegiatan CFD belum lagi kembali digelar di Jalan Ahmad Yani.

“Sekarang kita coba kembangkan, jadi jalur sepeda tidak hanya berfungsi sebagai sarana olahraga dan rekreasi tapi juga ada manfaatnya atau sarana transportasinya,” katanya.

Sesuai dengan aturan Kemenhub, jalur sepeda yang diberi garis warna hijau itu, dibuat dengan lebar 1,5 meter di sisi sebelah kiri jalan samping trotoar.

“Nah pembangunan jalur sepeda sekarang itu kita ubah yang tadinya di tengah median menjadi sisi bahu jalan sebelah trotoar, yang cat hijau yang kita lagi kembangkan,” terang dia.

“Jadi kalau yang CFD hari biasa Senin sampai Sabtu enggak bisa digunakan karena bahaya, dipakai di tengah jalan, makanya kita buat yang untuk harian,” paparnya.

Jalur sepeda di Jalan Jenderal Ahmad Yani ini memiliki panjang 2,6 kilo meter di kedua sisi, mulai dari simpang Pemda Kota Bekasi hingga ke simpang BCP.

“Panjang 1,3 kilo meter jadi kalau kiri kanan (dari arah Pemda ke BCP dan sebaliknya) itu 2,6 kilo meter, menggunakan cat termoplastik warna hijau,” kata Teguh.

Dia menambahkan, jalur sepeda di Kota Bekasi saat ini baru tersedia di dua ruas jalan, satu lagi berada di Jalan Chairil Anwar Bekasi Timur.

Jalur sepeda di Jalan Chairil Anwar Bekasi Timur ini juga akan diperbaharui dengan cat marka berwarna hijau membentang dari Simpanh Unisma hingga ke simpang Gerbang Tol Timur. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: