Disdukcapil Mudahkan Pelayanan Dengan Integrasi Data Kependudukan

Kamis, 4 Februari 2016
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Data Kependudukan yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel akan terintegrasi ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Integrasi data ini dilakukan dalam mensosialisasi Permendagri No 61 Tahun 2015 terkait pemanfaatan data kependudukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Tangsel, Toto Sudarto saat kegiatan Sosialisasi Permendagri Nomor 61 Tahun 2015 Bagi Lembaga Pengguna yang dilaksanakan di Aula Pusat Pemerintahan Kota Tangsel, Kecamatan Ciputat pada Rabu, (3/2/2016).

Toto menjelaskan, berdasarkan Permendagri No 61 dalam rangka pemanfaatan data kependudukan, dan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, semua instansi baik SKPD, instansi vertical, perbankan, maupun BUMN serta lainnya, dapat mengakses data tersebut.

Integrasi data ini, sudah dilakukan di Dinas Kesehatan dan RSUD dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat Tangsel.

“Kami sampaikan kepada dinas maupun instansi lainnya terkait pemanfaatan data kependudukan,” ujar Toto.

Selain Dinkes dan RSUD, kali ini Disdukcapil melakukan kerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo). Kedepan secara bertahap Disdukcapil akan bekerjasama dengan semua instansi.

Dalam kerjasama tersebut, ada tiga komponen yang dikerjasamakan yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK), data kependudukan, serta KTP Elektronik.

“Nanti data ini dapat digunakan dalam rangka pemanfaatan data untuk memudahkan pelayanan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa pihaknya menginginkan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan mudah salah satunya hanya dengan menggunakan KTP elektronik masyarakat dapat mengakses pelayanan dengan mudah.

Saat ini sudah diwujudkan dengan pelayanan kesehatan di RSUD dan Puskesmas. Kedepan pihaknya akan terus memanfaatkan inovasi teknologi untuk mengembangkan pelayanan yang memudahkan kepada masyarakat.

“Tidak berhenti disini dengan pemanfaatan KTP elektronik untuk pelayanan kedepan akan lebih mudah lagi. Kami sudah siapkan tim untuk mengkaji pemanfaatan teknologi untuk pelayanan,” pungkasnya.

Sementara Direktur Pemanfaatan Data Kependudukan pada Dirjen Catatan Sipil Kemendagri Dwi Setiantono mengapresiasi Kota Tangsel yang telah menerapkan teknologi untuk permudah pelayanan.

Sebagai Kota yang terbilang muda tetapi terdepan dalam pemanfaatan teknologi karena penuh dengan terobosan dan inovasi.

“Sangat baik di Kota Tangsel, diharapkan kedepan seluruhnya sudah dapat terintegrasi dengan pemanfaatan data kependudukan,” pungkasnya. (sophie)