Disdukcapil Kota Tangerang Jemput Bola Melayani Masyarakat Sakit Hingga ODGJ

FOTO: banten,antaranews.com/indolinear.com
Sabtu, 9 November 2019

Indolinear.com, Kota Tangerang – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, Banten berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan  salah satu terobosan melakukan jemput bola bagi masyarakat khusus mulai dari penyendang disabilitas, keterbelakangan mental, orang dengan gagguan jiwa (ODGJ) hingga kondisi sakit parah.

Salah seorang operator Disdukcapil Tangerang Iqbal Nur Fauzi di Tangerang, Senein, mengatakan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan   untuk menjangkau masyarakat yang mengalami keterbatasan.

Namun, katanya, dipastikan membutuhkan data kependudukan seperti membuatan BPJS, data rumah sosial hingga pelayanan kesehatan ODGJ di Grogol.

“Kami melakukan pelayanan yang mempermudah masyarakat. Masuk RS belum punya BPJS dan masih KTP lama. Kita langsung melakukan perekaman diruang rawat. ODGJ, mereka ingin diterapi di Grogol butuh e-KTP kami hadir ke lokasi ia berada begitu juga disabilitas kami door to door ke rumah,” kata Iqbal, dilansir dari Banten.antaranews.com (08/11/2019).

Iqbal mengatakan pelayanan masyarakat khusus dipastikansemua dilayani secara gratis. Masyarakat hanya perlu melaporkan kondisi keluarga atau tetangga yang membutuhkan dengan membawa kartu keluarga (KK).

“Tunggu satu sampai tiga hari, tim kami langsung ke rumah untuk melakukan pendaftaran. Selanjutnya, warga yang bersangkutan bisa mengambil resi karena blanko masih kosong ke Kecamatan atau kantor Disdukcapil sesuai arahan petugas yang datang,” katanya.

Ia juga mengajak, seluruh masyarakat dengan cerdas dapat memanfaatkan segala kemudahan pelayanan yang diberikan. Sehari jadi, pelayanan mall, titik keramaian hingga pelayanan door to door.

“Banyak pelayanan yang kami siapkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kelengkapan administrasi kependudukan,” ujarnya. (Uli)

INDOLINEAR.TV