Disdukcapil Kota Bogor Cetak 12 Ribu E-KTP Dalam Sehari

Pojoksatuid/indolinear.com
Jumat, 3 November 2017
loading...

Indolinear.com, Bogor – Warga Bogor yang sudah merekam elektronik KTP (E-KTP) per Desember 2016 ke belakang akhirnya bisa bernapas lega. Sebanyak 20 ribu keping E-KTP sudah tercetak dan siap dibagikan.

“Jadi wali kota menargetkan harus selesai 20 ribu KTP-El pada Kamis (2/11/17). Ini yang terus kami kejar,”  ujar Kabid Kependudukan pada Disdukcapil Kota Bogor, Agus Suparman.

Jumlah tersebut memang belum separuh dari 60 ribu blankot E-KTP yang diterima pemkot dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun ini sudah hampir separuh dari 45 ribu surat keterangan  (suket) pengganti E-KTP yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Menurut Agus kendala yang mereka hadapi saat ini adala  sumber daya manusia (SDM). “Kita kekurangan personil, karena itu mau tidak mau kita harus tambah jam kerja, sampai malam,”  imbuhnya.

Kini tersedia enam alat pencetakan KTP di kantornya. Masing-masing alat bisa mencetak E-KTP dua ribu keping per harinya. Sehingga, dia optimis bisa mengejar target dengan mencetak sebanyak 12 ribu E-KTP dalam sehari.

“Satu alat sehari bisa nyetak seribu sampai dua ribu. Jadi kalau misal kita ditarget 60 ribu, maka 10 hari bisa  tuntas dengan target setiap hari 12 ribu E-KTP tercetak,” kata Agus.

Namun, itu baru proses percetakan belum distribusi ke warga. Karena itu, rencananya pendistribusian akan dilakukan setelah semua E-KTP sudah tercetak secara massal.Mekanismenya, Disdukcapil akan memberikan informasi pada setiap kecamatan untuk mengintruksikan setiap kelurahan mengambil E-KTP yang sudah dicetak.

“Ketika sudah dicetak, nanti kita sampaikan ke kecamatan, nanti dari kecamatan akan disampaikan ke kelurahan. Sedangkan untuk kuota perkecamatannya tergantung yang di cetak. Mengikuti jumlah yang ada,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Dody Ahdiat. Menuturkan, sesuai permintaan, proses pencetakan KTP dilakukan secara nonstop di Kantor Disdukcapil Kota Bogor.Proses pencetakan massal E-KTP yang statusnya Print Ready Record (PRR) sebanyak 20 ribu keping yang ditargetkan rampung pada Kamis atau Jumat ini,” kata Dody.

Dia menjelaskan, jumlah e-KTP yang sudah dicetak dan berstatus PRR mencapai 75 persen. Petugas Disdukcapil bekerja 24 jam dengan dibagi dalam dua shift, yakni siang dan malam.

“Jadi ada petugas siang dan petugas malam, memang kalau mencetak E-KTP pada malam hari itu lebih cepat, sementara itu untuk pendistribusian E-KTP akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan para Camat dan para Lurah untuk diserahkan kepada warga Kota Bogor,” jelas Dody. (Gie)