Disbudpar Kota Tangerang Gelar Pemilihan Kang dan Nong Tahun 2021

FOTO: Eksklusif Disbudpar Kota Tangerang for indolinear.com
Selasa, 15 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Setelah vakum pada 2020 lalu karena pandemi Covid-19, Disbudpar Kota Tangerang akhirnya menggelar pemilihan Kang dan Nong pada 2021 ini. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Ubaydillah Ansar mengatakan, maksud dan tujuan pemilihan Kang dan Nong yaitu untuk memberikan ruang kepada para remaja atau pemuda yang memiliki potensi, bakat, dan kompetensi untuk bersama membangun dunia kepariwisataan di Kota Tangerang atas dasar nilai-nilai budaya kearifan lokal.

Selain itu, guna menghasilkan Kang dan Nong profesional sebagai duta pariwisata dalam menawarkan dan mempromosikan objek-objek wisata daerah sebagai destinasi wisata dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Rangkaian pemilihan duta pariwisata Kang dan Nong Kota Tangerang dilaksanakan sejak April 2021. Di mana, pendaftaran secara online pada 1 April – 25 Mei 2021. Pendaftar berjumlah 133 orang, terdiri dari 49 peserta Kang dan 84 peserta Nong.

“Selanjutnya diadakan audisi pertama yang bertempat di Plaza Aeropolis Commercial Park pada tanggal 29 Mei 2021 yang menghasilkan 40 peserta. Kemudian, audisi kedua bertempat di Gedung Seni Budaya Kota Tangerang pada tanggal 1 Juni 2021 telah menghasilkan 13 pasang finalis Kang dan Nong yang mewakili tiap-tiap kecamatan di Kota Tangerang,” jelas Ubaydillah, Selasa (15/6/2021).

Adapun materi yang diberikan kepada para finalis Kang dan Nong di antaranya tentang kepariwisataan, public speaking, keorganisasian , kesehatan, beauty class dan grooming, serta unjuk bakat. Bertempat di Gedung Seni Budaya Kota Tangerang dan Hotel Narita Tangerang.

“Karantina pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang selama 5 hari dari tanggal 7 sampai dengan 11 Juni 2021, bertempat di Hotel Narita Tangerang,” ujar Ubaydillah.

Dewan juri dalam pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang Tahun 2021 terdiri dari Putri Indonesia, Paguyuban Kang dan Nong, serta Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tangerang.

“Kegiatan pemilihan duta pariwisata Kang dan Nong Kota Tangerang dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat,” tegas Ubaydillah.

Sebanyak 26 finalis atau 13 pasang finalis mewakili dari tiap kecamatan di Kota Tangerang yaitu 13 kecamatan. Kang dan Nong terpilih diharapkan bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan wisatawan ke Kota Tangerang.

Sebagai informasi, hasil akhir pegelaran pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang Tahun 2021 yaitu Kang diraih oleh Rizky Ramadhan sebagai wakil dari Kecamatan Cipondoh dan Nong diraih oleh Alessandra Desyaumi sebagai wakil dari Kecamatan Karang Tengah.

“Harapan kita semua bahwa aset daerah ini diharapkan dapat ikut meningkatkan promosi wisata, terutama apabila telah tiada¬† kondisi pandemi,” pungkas Ubaydillah. (ADV)