Dipundak Zaki Mimpi Provinsi Tangerang Raya Terealisasi…

FOTO: King Hendro Arifin/koranlinear
Selasa, 22 Desember 2015
KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT KECANTIKAN. MARI JADIĀ PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Berlebihankah judul diatas? Itu tergantung darimana kita menguraikan alibi soal mimpi Tangerang Raya jadi Provinsi. Namun menilik sejarah pembentukan dua Kota baru di Banten yakni, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, tak bisa dinafikan Kabupaten Tangerang yang akan menapaki usia 72 tahun pada 27 Desember mendatang, memiliki andil besar.

Saya pribadi, meyakini Provinsi Tangerang Raya dapat terealisasi tidak lebih dari 15 tahun kedepan. Tiga wilayah meski malu-malu kucing menghendaki Provinsi ini dapat segera berdiri. Pengamat lokal, akademisi, aktivis lokal hingga pejabat pemerintah pun beberapa kali melontarkan semangat berpisah dari Provinsi Banten. Bukan karena ego atau etnosentrisme keinginan itu muncul.

Namun fakta menunjukkan tiga daerah yang menggunakan kata Tangerang yakni, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan telah siap dari segala hal untuk ambil bagian dalam pembentukan Provinsi Tangerang Raya. Bahkan dengan dibentuknya Provinsi Tangerang Raya, meminjam istilah Presiden Joko Widodo soal meroket, yang namanya Tangerang itu perekonomiannya bisa makin dan sangat meroket!!!

Fakta menunjukkan APBD trio Tangerang menjadi penyumbang 70 persen APBD Provinsi Banten. Provinsi Banten sendiri terdiri dari 7 Kota/Kabupaten. Sebut saja Kota Tangerang Selatan yang APBD nya mencapai 3,2 Triliun, Kabupaten Tangerang 4,2 triliun dan Kota Tangerang mencapai 4 triliun. Apakah sudah sepadan sumbangsih Banten bagi pembangunan Tangerang? Bukan memprovokasi namun, mari kita jawab dengan hati yang jernih.

Berpisah dengan Banten menurut saya juga bakal memberikan efek kejut yang berarti dan sangat positif bagi kota/Kabupaten yang ditinggalkan. Sebut saja Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang. Kota/Kabupaten yang ditinggal oleh Tangerang untuk hijrah jadi Provinsi baru, akan memiliki semangat dan daya juang yang makin tinggi untuk memaksimalkan PAD demi kesejahteraan masyarakat disana.

Darimana PAD nya? Hitungan sederhana dan bisa dijelaskan serta bisa direalisasikan. Maksimalkan bibir pantai. Kok bibir pantai? Pandeglang, Lebak, Cilegon dan Kabupaten Serang memiliki bibit pantai yang sangat potensial untuk dijadikan destinasi pariwisata. Sebut saja Pantai Sawarna dan Bagedur di Kabupaten Lebak, Pantai Tanjung Lesung dan Pulang Umang serta taman nasional Ujung Kulon ada di Pandeglang, Pantai Salira dan Kelapa Tujuh ada di Cilegon serta Anyer ada di Kabupaten Serang.

Saya punya baju merek Joger yang saya beli dengan konsekuensi harus mengantri hampir 2 jam di gudang Joger, kawasan Jimbaran, Bali. Kaos itu amat terkenal dan kebetulan kalimat yang tersablon di kaos putih itu tertulis, Setiap Hari adalah Hari Libur di Bali! Anda tahu makna dari tulisan itu? Bukan karena orang Bali malas-malas. Tulisan itu menurut saya adalah cermin dari sikap dan paradigma warga Bali yang welcome terhadap kehadiran turis.

Mereka sudah dan sangat memahami bahwa Bali merupakan daerah pariwisata. Pantai, pura, ukiran patung, tarian dan seni lainnya, adalah penghasil uang. Mereka sadar bahwa mereka harus bersikap dan membuat nyaman para turis. Mungkin menurut saya, itulah gagasan dari kalimat di kaos Joger kepunyaan saya, setiap hari adalah hari libur di Bali!

Bisakah Pandeglang, Lebak, Kabupaten Serang dan Cilegon melakukan hal serupa dengan Bali? Saya fikir dengan semangat dan kerja keras, tentu saja sangat bisa! Tentu dengan tetap mengedepankan kearifan lokal yang sesuai dengan hasanah ke-Banten-an.

Back to the topic. Kenapa di pundak Zaki Provinsi Tangerang Raya terealisasi? Semua tahu Zaki atau lengkapnya, Ahmed Zaki Iskandar adalah Bupati Tangerang. Semua juga tahu untuk merealisasikan pembentukan Provinsi Tangerang Raya, dibutuhkan sekurangnya tiga Kota/Kabupaten baru lagi di wilayah Tangerang. Potensi pemekaran daerah baru itu ada di Kabupaten Tangerang, yang saat ini dipimpin oleh Zaki.

Beredar kabar dan bukan kabar burung lagi, bahwa masyarakat di Tangerang Barat, Tangerang Utara dan Tangerang Tengah, yang saat ini masih kecamatan di Kabupaten Tangerang, menginginkan jadi daerah otonomi baru. Ini bakal jadi pintu utama dari rencana besar dan cita-cita berdirinya Provinsi Tangerang Raya.

Apalagi, urusan mekar-memekarkan wilayah bagi Kabupaten Tangerang juga bukan hal yang asing. Terbukti dua wilayah yakni, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan merupakan pecahan dari Kabupaten Tangerang. Lebih membuat keyakinan akan adanya daerah otonomi baru dari Kabupaten Tangerang bercermi atas kesuksesan dalam memekarkan dua wilayah sebelumnya.

Terbukti, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan sukses dalam membangun wilayah. Dan saya sangat meyakini kala pemekaran dua wilayah itu, Kabupaten Tangerang sangat menghitung benar soal pondasi dan nasib warga Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan kedepannya.

Diparagraf awal saya sebut sekurangnya 15 tahun lagi Provinsi Tangerang Raya berdiri. Ya, Zaki saat ini memimpin Kabupaten Tangerang dan sangat mungkin dipercaya lagi untuk memimpin diperiode selanjutnya. Terbuka juga potensi menduduki jabatan Gubernur Banten beberapa tahun kedepan. Itu karena bukti nyata kerja di Kabupaten Tangerang yang saat ini terus bergeliat. Sebagai orang Tangerang dan sangat faham kebutuhan warga Tangerang dan semoga saya tidak salah dan mendahului, Ahmed Zaki Iskandar pastinya tidak akan tutup mata akan berdirinya Provinsi Tangerang Raya.

Maaf jika analisa saya salah. Namun, berdasar analisa dan wawancara serta diskusi yang pernah saya lakukan dengan berbagai pihak, hampir semua menyebut, di pundak Zaki realisasi Provinsi Tangerang Raya dapat terealisasi. Saya ini pun dan kedepan beberapa praktisi, akademisi dan aktivis lokal Tangerang pun pasti masih meyakiniapa yang ada ditulisan ini.

Selamat ulang tahun Kabupaten Tangerang dan dipundakmu realisasi Provinsi Tangerang Raya terealisasi. Bahkan, bukan tidak mungkin Tigaraksa akan menjadi pusat pemerintahan Provinsi Tangerang Raya atau apapun sebutannya nanti. Sekali lagi, met ultah ya warga Kabupaten Tangerang.

Penulis

King Hendro Arifin

Direktur indolinear.com

*Tulisan ini dibuat dalam rangka refleksi 72 Tahun Kabupaten Tangerang Berdiri

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: