Dinsos Kota Tangerang Mendata Warga Terkena Dampak Covid-19

FOTO: rahmat/indolinear.com
Selasa, 31 Maret 2020

Indolinear.com, Warga Kota Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang berencana akan mendistribusikan bantuan kepada warga yang terkena dampak wabah Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. Hal itu menyusul kebijakan pemerintah dalam menerapkan isolasi sosial (social distancing).

Di mana, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Sehingga, aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Kebijakan social distancing bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Suli Rosadi mengatakan, pemerintah harus mempertimbangkan bantuan bagi warga yang berpenghasilan rendah, khususnya pekerja sektor nonformal. Langkah tersebut turut dibahas Pemerintah Kota Tangerang pada rapat evaluasi penanggulangan penyebaran Covid-19 pada Jumat (27/3/2020) lalu.

Mantan Camat Karawaci ini menyebut, Dinas Sosial Kota Tangerang ditugaskan untuk melakukan pendataan terhadap warga yang berhak mendapatkan bantuan di tengah pandemi global itu. Pendataan dilakukan melalui Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

“Kami melakukan pendataan terlebih dahulu. Dinsos harus memiliki data agar pendistribusian bantuan tersebut tepat sasaran,” kata Suli, Selasa (31/3/2020).

Dinas sosial, lanjut dia, hanya mengumpulkan data sesuai keadaan riil. Adapun pendistribusian bantuan termasuk sumber dana akan dibahas lebih lanjut bersama Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. “Yang terpenting Dinsos saat ini punya data dulu,” tandas Suli.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Tangerang terus melakukan berbagai upaya dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19. Antara lain masyarakat Kota Tangerang bisa berbelanja kebutuhan pangan dari rumah dan pemerintah daerah setempat menyiapkan sebanyak 50 bilik disinfektan di sejumlah tempat pelayanan kesehatan.

Pemerintah Kota Tangerang pun telah menerima bantuan alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Banten, guna menangani pandemi Covid-19. Bantuan itu terdiri dari 400 buah Coverall, 28.400 buah masker bedah, 475 buah masker N95, dan 360 tablet oseltamivir.(srh)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

INDOLINEAR.TV