Dinkop Tangsel Gelar Cerdas Cermat Pelajar Soal Koperasi

FOTO: indolinear.com
Selasa, 27 Oktober 2015
loading...

Indolinear, Tangsel – Belasan sekolah tingkat SMA, SMK dan MA, ikuti kompetisi cerdas cermat Hari Koperasi tingkat Kota Tangsel, di Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ), Kecamatan Ciputat Timur, pada Senin (26/10/2015).

Hasilnya, MAN Insan Cendikia Kecamatan Serpong, berhasil keluar sebagai pemenang dan berhak mewakili Kota Tangsel ke ajang cerdas cermat di Provinsi Banten.

Diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Warman Syanudin, ada 16 SMA, SMK dan MA yang mengikuti kompetisi cerdas cermat itu. Dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi tingkat Provinsi Banten itu, para peserta diminta untuk menjawab dengan tepat pengetahuan mengenai koperasi dan perekonomian di Indonesia.

“Tak hanya seputar kemajuan koperasi dan perekonomian di Kota Tangsel, melainkan di Indonesia secara global,” ujar Warman.

Cerdas cermat tersebut pun mengharuskan pesertanya menjawab berbagai metode pertanyaan, mulai dari pilihan hingga penjabaran.
Jadi, hanya peserta terbaiklah yang berhak maju ke babak final.

Antara lain SMAN 2 Tangsel, SMKN 2 Tangsel, dan MAN Insan Cendikia. Dari hasil babak final yang sengit dan dipimpin oleh Lembaga Pelatihan Koperasi Nasional (Lapenkopnas), terpilihlah MAN Insan Cendikia sebagai juaranya.

“Ya, MAN Insan Cendikia berhasil tampil terbaik dalam cerdas cermat kali ini. Tim yang terdiri dari tiga orang itu berhasil menjawab semua pertanyaan juri dengan baik, sehingga mengumpulkan skor 1.030 dan keluar sebagai pemenangnya,” ujar Warman.

Atas keluarnya tim dari MAN IC sebagai pemenang, tim ini berhak mewakili Kota Tangsel mengikuti kegiatan cerdas cermat di tingkat Provinsi Banten pada pekan depan. Untuk itu, pihaknya pun bersama Dekopinda setempat, melakukan berbagai pembekalan, agar tim dari Tangsel ini juga bisa keluar sebagai pemenang di tingkat provinsi.

Selain itu, MAN Insan Cendikia juga berhasil mengantongi hadiah uang tunai sebesar RP 4.500.000. disusul juara duanya SMAN 2 dengan berhak mendapat hadiah Rp 3.500.000, serta juara tiga adalah SMKN 2 dan berhak atas hadiah uang tunai Rp 2.500.000.

“Selamat atas pemenang, selain memang para pemenang yang berkualitas kami cari. Kami juga ingin menanamkan pengetahuan dan ketertarikan terhadap koperasi kepada remaja atau pelajar pada umumnya,” pungkas Warman.(sophie)