Dinkop Tangsel Dorong UKM Berdaya Saing Tinggi Dalam MEA

FOTO: indolinear.com
Minggu, 25 Oktober 2015
loading...

Indolinear, Tangsel – Menyambut Hari Koperasi, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop) Kota Tangsel menyelenggarakan serangkaian acara. Salah satunya adalah kegiatan Seminar Sehari yang dilaksanakan di Aula Kodiklat TNI, Kecamatan Serpong pada Sabtu, (4/10/2015).

Seminar dengan tema, Peluang dan Tantangan Koperasi di Era Pasar Bebas Untuk Mendorong UMKM Berdaya Saing, ini mengundang 300 peserta yang berasal dari beberpa koperasi, pelaku UKM, akademisi, dan lainnya.

Peserta diberikan pemahaman tentang era pasar bebas oleh tiga narasumber, yakni dari Lembaga Administrasi Negara Bandung Dr. Sri Asmawati Kusumawardani, KAHMI Pusat Dr. Noer Sutrisno, Dosen UIN Syarif Hidayatullah Dr Euis Amalia M.Ag.

“Kita sadari dalam perkembangan dunia ekonomi ini persaingan sangat ketat, apalagi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kita harapkan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa membuka wawasan dan bisa berdaya saing untuk lebih meningkatkan eksosistem yang lebih baik,” Ketua Panitia Seminar Sehari, Mukhtar.

Mukhtar menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat bisa lebih berdaya saing menghasilkan program unggulan dan mekanisme koperasi yang lebih baik.

Sementara Kepala Dinkop Tangsel Warman Syanudin mengatakan bahwasannya Pemerintah berkewajiban memberikan arahan, bimbingan, dan melindungi masyarakat dengan beragam upaya.

“Sejalan dengan hal tersebut, kegiatan untuk koperasi dan UKM perlu diselenggarakan secara menyeluruh optimal dan berkesinambungan,” jelasnya.

Melalui, lanjut Warman, pemberian kesempatan usaha, dukungan perlindungan dan pengembangan usaha seluas-luasnya. Sehingga mampu mendirikan peran dalam mewujudkan peningkatan pendapatan dan pengentasan kemiskinan.

“Kami berupaya agar seluruh anggota koperasi berperan aktif dalam pengelolaan koperasi. Menjadi koperasi sehat dan UKM maju menuju kota koperasi Tangsel yang mandiri,” ungkap Warman.

Dia menegaskan dalam pelaksanaanya diharapkan visibilitas koperasi dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat terwujudnya Tangsel sebagai Kota Koperasi.

“Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Tangsel sebagian didapatkan dari koperasi dan UKM. Kedepan kita harus dapat melihat peluang dan tantangan untuk berdaya saing,” terang Warman.

Dilokasi yang sama, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyambut baik kegiatan ini. Dia mengatakan bahwa serangkaian acara yang diselenggarakan menyambut Hari Koperasi ini merupakan kegiatan yang baik untuk intern dan untuk kepentingan masyarakat.

“Kita berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada para koperasi dan UKM. Salah satunya melalui pelatihan skill, fasilitasi permodalan dan membantu memasarkan hasil produk UKM dengan beragam kegiatan,” ujar Airin.

Dia juga berharap, cita-cita Tangsel menjadi Kota Koperasi dapat terlaksana. Tentunya dengan dukungan semua pihak dan lapisan masyarakat. (sophie)