Dinkop dan UKM Tangsel Targetkan Gedung Inovasi Center Beroperasi Tahun 2021

FOTO: Eksklusif Dinkop & UKM Tangsel for indolinear.com

Indolinear.com, Tangsel – Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan menargetkan gedung inovasi center yang khusus diperuntukan bagi pelaku UKM selesai pada tahun 2021.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan, Dahlia Nadeak  mengatakan, penyelesaian gedung inovasi menjadi program prioritas di tahun mendatang.

“Kita menargetkan penyelesaian gedung inovasi center secepatnya,” ujarnya saat acara Forum OPD di Remaja Kuring, Serpong, Tangerang Selatan pada Selasa, 17 Maret 2020.

Dijelaskannya, sesuai dengan target RPJMD 2021, Dinas Koperasi dan UKM telah memenuhi target prioritas. Beberapa usulan program dalam pengembangan pun sudah disiapkan dalam menyongsong tahun 2021.

Ada lima program yang akan dijalankan pada tahun mendatang yakni akses permodalan bagi UKM dan Koperasi, Peningkatan kualitas produk UKM, membantu dalam mempromosikan produk UKM dan mendorong percepatan pembangunan gedung inovasi.

“Untuk target prioritas kita sudah mencapai 98 persen dan sisanya akan dituntaskan pada tahun 2021. Maka itu, kita terus tingkatkan produk kita agar lebih disukai masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan awal tahun 2020, jumlah UKM yang terdata ada 33 ribu UKM dan 800 diantaranya sudah menggunakan e-commerce.

Dalam penerapan e-commerce ini, Dinas Koperasi dan UKM menggandeng kantor pajak agar pelaku UKM patuh pajak dan tak terkendala dalam proses jual beli. “Kita jadikan kantor pajak sebagai mitra untuk membantu pelaku UKM patuh terhadap pajak,” paparnya.

Sementara itu, alokasi anggaran Dinas Koperasi dan UKM pada tahun ini yakni sebesar Rp11 Miliar yang terbagi dalam dua program prioritas yakni Rp4 Miliar untuk pengembangan program UKM dan Rp4 Miliar lagi program Koperasi. Sedangkan sisanya adalah program lainnya yang bagian dari inovasi.

Sementara, Wakil Walikota Benyamin Davnie mengatakan bahwa pada intinya kegiatan Forum OPD Dinkop dan UKM ini untuk menuntaskan RPJMD.

“Saat ini kegaiatan Forum OPD menggunakan mekanisme pertemuan yang cepat, jika ada usulan bisa dikirim melalui alamat email masing-masing OPD,” kata Benyamin.

Peserta ini dari delegasi Kecamatan, nantinya akan membentuk delegasi dari forum OPD untuk Musrenbang tingkat Kota.(ADV)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

INDOLINEAR.TV