Dinkes Tangsel Gelar Lomba Bayi dan Balita Sehat

Eksklusif dinkes tangsel for indolinear.com
Kamis, 2 Agustus 2018

Indolinear.com. Tangsel – Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Lomba bayi dan balita sehat se kota Tangsel yang berlokasi di gedung Graha Widya Bakti, Puspitek, Setu, Tangsel.

Lomba bayi dan balita sehat ini diikuti 29 bayi dengan kategori usia 6 hingga 24 bulan dan 29 balita mulai usia 25 hingga 59 bulan yang diwakili dari setiap puskesmas se-Tangsel.

Lomba bayi dan balita sehat ini dinilai mulai dari idealnya tinggi dan berat anak, pengetahuan orang tua tentang imunisasi dan pertumbuhan sang anak, psikologi dan kesehatan anak.

Selain itu, kriteria untuk pemenang bayi dan balita sehat terpilih juga wajib adanya kelengkapan dokumen anak, pemenang pun terpilih dari dua kelompok bayi dan balita, juara satu hingga harapan tiga dan favorit.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa anak adalah aset, sehingga pemerintah wajib menjamin hak hidupnya untuk tumbuh kembang menjadi lebih baik.

“Lomba ini dibuat untuk mendorong para orangtua agar aktif membantu pemerintah memenuhi hak-hak terhadap anak, dan bagi bayi ataupun balita yang menang merupakan kemenangan orang tuanya yang mampu merawat dan menjaga anak dengan baik, ” ucap Airin.

Airin berharap, pemenang Balita Sehat ini nantinya dapat mewakili Kota Tangsel ke perlombaan di tingkat Provinsi Banten. “Mudah-mudahan Tangsel juara di tingkat provinsi,” terangnya.

Ditemui di lokasi yang sama, kepala bidang Promosi Kesehatan, Dinkes Tangsel, Iin Sopiawati mengatakan, lomba bayi dan balita sehat ini diadakan guna meningkatkan kesadaran orang tua yang memiliki bayi dan balita agar selalu memperhatikan pertumbuhan anak dengan baik.

“Bahwa pertumbuhan anak sejak bayi hingga balita dan beranjak besar harus terus diperhatikan, dirawat dengan baik, dibawa ke posyandu setiap bulannya agar mengetahui kesehatannya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Menuju Adiwiyata, Jumsih Mulai Digalakan

Pemenang juara satu kelompok bayi 6 hingga 24 bulan atas nama Keinan Kahfi Andaru dari Kelurahan Pamulang Barat,  Kecamatan Pamulang. Sedangkan juara satu kelompok balita 25 hingga 59 bulan adalah Alika Xaviera Denaya, dari Kelurahan Bakti Jaya Serpong.

Dewi Liana Sari, orang tua dari Keinan Kahfi Andaru yang berhasil meraih juara 1 kategori bayi sehat merasa semakin terpacu untuk merawat anaknya lebih baik lagi. Ia mengaku akan menjaga asupan makan, waktu istirahat serta waktu bermainnya.

“Yang pasti selalu diperhatikan adalah dengan menjaga asupan makanan untuk sang anak, jam tidurnya dan menjaga dia bermain. Dan mulai mengenali mana yang boleh dilakukan mana yang tidak dengan bahasa lisan dan bahasa tubuh,” ujarnya.(ADV)

%d blogger menyukai ini: