Dinas PUPR Kota Tangerang Perbaiki Jalan Raya Perancis

FOTO : Dokumentasi Dinas PUPR Kota Tangerang for Indolinear.com
Senin, 9 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang memperbaiki jalan rusak di wilayah Kecamatan Benda. Tepat di sepanjang Jalan Raya Perancis.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Decky Priambodo Koesrindartono telah mengecek tingkat kerusakan sarana tersebut pada Sabtu (7/3/2020). Dari lebih kurang 6,7 kilometer total panjang Jalan Raya Perancis, hanya 2,2 kilometer saja yang masuk wilayah Kota Tangerang.

“4,5 kilometer sisanya masuk wilayah Kabupaten Tangerang, di mana menghubungkan kawasan industri dan pergudangan di Dadap serta Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” jelas Decky.

Menurut dia, penyebab kerusakan jalan raya itu yakni kendaraan angkutan bertonase besar. Di mana, kendaraan-kendaraan tersebut melintasi Jalan Raya Perancis untuk menuju pergudangan di Kosambi serta objek pembangunan di sekitar wilayah perbatasan. Adapun faktor lain adalah musim hujan.

“Jalan tersebut tidak didesain untuk kendaraan bertonase besar, ditambah cuaca sekarang juga sedang hujan,” ujar Decky di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (9/3/2020).

Dinas PUPR Kota Tangerang pun langsung memetakan kerusakan pada 2,2 kilometer Jalan Raya Perancis, mulai dari ringan, sedang, hingga berat. Selain penanganan di Jalan Raya Perancis, Dinas PUPR Kota Tangerang sudah memperbaiki 24 ruas jalan dalam kurun dua minggu terakhir.

Dekcy menjelaskan, status ruas jalan di Kota Tangerang terdiri dari tiga, yakni ruas jalan nasional, ruas jalan provinsi, dan ruas jalan kota. Sehingga, kewenangan pengelolaan pun terbagi, baik pembangunan, peningkatan, maupun pemeliharaan.

Ruas jalan nasional di Kota Tangerang terdiri dari Jalan Daan Mogot, Jalan Merdeka, Jalan Gatot Subroto, Jalan Otto Iskandar Dinata, dan Jalan KS Tubun. “Dari lima ruas jalan ini, total panjang yang ada di wilayah Kota Tangerang mencapai 17,8 kilometer,” kata dia.

Adapun ruas jalan provinsi di wilayah Kota Tangerang memiliki total panjang 27,4 kilometer. Mulai dari Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan KH Hasyim Ashari, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Raden Fatah, hingga Jalan Beringin Raya.

“Sisanya, itu adalah kewenangan dan tanggung jawab Pemerintah Kota Tangerang,” pungkas Dekcy.(ADV)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: