Dinas PU Tangsel Lobi Pusat Soal Ambil Alih Situ Bungur

sophie/indolinear.com
Minggu, 5 November 2017
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan Kota Tangsel Dedi Budiawan mengungkapkan pihaknya sedang melobi pemerintah pusat untuk kewenangan kepemilikan Situ Bungur. Lobi berkaitan dengan program Pemkot Tangsel dalam penciptaan destinasi wisata di Kota Tangsel. Dalam hal ini Festival Situ Bungur, di Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur.

“Dinas PU sudah diperintahkan untuk melakukan lobi terkait dengan pengambilalihan kewenangan Situ Bungur,” kata Dedi, Sabtu (4/11/17).

Diungkap oleh Dedi, kawasan Situ Bungur saat ini kewenangannya tidak dimiliki Pemkot Tangsel. Melainkan, kewenangan berada di Pemprov Banten. Meski demikian, Pemkot Tangsel tidak berdiam diri dan merawat kondisi situ.

“Kami tetap rawat dan juga buat kegiatan untuk mendongkrak wisata Tangsel. Dalam hal ini Festival Situ Bungur,” katanya.

Dedi mengatakan, perlu upaya-upaya strategis untuk membumikan Festival Situ Bungur agar dikenal oleh khalayak ramai. Dengan begitu, dapat menjadi salah satu pionir wisata alam di Kota Tangsel. Apalagi, Pemkot Tangsel sudah konsisten mengawal Festival Situ Bungur lima tahun terakhir.

“Melalui Dinas Pekerjaan Umum, Pemkot Tangsel tengah mengupayakan pengambilalihan kewenangan situ agar dapat diurus oleh Pemkot Tangsel. Apabila terealisasi tentunya Pemkot Tangsel akan memiliki kewenangan lebih untuk menjaga Situ dan melestarikan budaya Betawi melalui Festival Situ Bungur,” ucapnya.

Untuk diketahui, Festival Situ Bungur merupakan kegiatan yang lima tahun terakhir rutin dilaksanakan oleh Pemkot Tangsel. Pada tahun 2017 ini kegiatan diisi berbagai lomba. Antara lain lomba dayung, lawak Betawi dan pencak silat. Selain itu juga berbagai kuliner khas Betawi dan lainnya disajikan di festival ini. Pemkot Tangsel pun menargetkan, Festival Situ Bungur dapat menjadi destinasi wisata alam yang menarik wisatawan.(sophie/fin)