Diktator Penguasa Haiti Selama 14 Tahun Meninggal Dunia

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 23 Mei 2020

Indolinear.com, Port-au-Prince – 22 April 1971, diktator Haiti Francois “Papa Doc” Duvalier meninggal dunia setelah 14 tahun berkuasa.

Dikutip dari Liputan6.com (21/05/2020) Selama hidup, Duvalier menyatakan, dirinya adalah presiden seumur hidup pada 1964. Ia meninggal di Istana Kepresidenan di Port-au-Prince.

Dia dilaporkan sakit parah selama beberapa waktu. Penyakit yang ia derita termasuk kanker prostat, gangguan jantung dan diabetes.

Selama masa pemerintahannya sebagai penguasa absolut Haiti, Duvalier (64) selamat dari setidaknya enam upaya pembunuhan.

Sebelum menduduki kursi orang nomor satu di Haiti, ia seorang dokter. Francois Duvalier terpilih sebagai presiden pada tahun 1956.

Dia menghancurkan kekuatan Gereja Katolik Roma dengan mengusir uskup agungnya pada tahun 1969.

Keamanannya dipastikan oleh milisi pribadinya, yaitu Tontons Macoutes yang sangat ditakuti. Presiden Duvalier memastikan Tontons Macoutes jauh melebihi jumlah tentara Haiti, mengurangi kemungkinan kudeta.

Tontons Macoutes adalah unit operasi khusus dalam pasukan paramiliter Haiti yang dibuat pada tahun 1959 oleh diktator François “Papa Doc” Duvalier. Pada tahun 1970 milisi berganti nama menjadi Volontaires de la Sécurité Nationale.

Presiden François “Papa Doc” Duvalier adalah orang yang percaya takhayul. Tiap tanggal 22 di setiap bulan ia akan pergi ke luar istana kepresidenan.

Presiden Haiti ini percaya bahwa pada tanggal 22 dia dijaga oleh roh voodoo-nya dan mengatur banyak peristiwa penting dalam hidupnya untuk tanggal itu.

Dia senang ketika Presiden AS John F Kennedy dibunuh. Ia percaya jika semata-mata itu bukan pembunuhan biasa melainkan sebuah kutukan.

Sebab, Kennedy dibunuh pada tanggal 22 November 1963, tanggal yang ia yakini sebagai hari sial. Kisah ini meningkatkan reputasi kekuatan voodoo yang ia yakini. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya