Di Y20, Yayasan Konservasi Alam Nusantara Mengajak Anak Muda Jaga Bumi

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 23 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mengajak anak muda untuk bersama-sama menjaga bumi.

Pesan Ini disampaikan Direktur Eksekutif YKAN Herlina Hartanto, di Pra-KTT Ketiga Y20 Indonesia yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (21/05/2022).

Menurutnya, YKAN menilai permasalahan lingkungan dan pemanasan global mengingatkan kita pentingnya aksi kolektif oleh semua pihak dimanapun mereka berada.

Aksi itu perlu dimulai dari tingkat lokal, yang jika dilakukan bersama-sama dan berkesinambungan akan berdampak secara global.

“Pemuda adalah garda terdepan perubahan. Kepada mereka, kami titipkan masa depan,” ujar Herlina dalam keterangannya, dilansir dari Tribunnews.com (22/05/2022).

Sebagai penghuni bumi hari ini dan masa yang akan datang, anak muda memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan planet yang berkelanjutan dan layak huni.

Di forum ini, para perwakilan anak muda G20, termasuk delegasi negara undangan serta pemuda Kalimantan, saling bertukar pikiran tentang bagaimana menciptakan isu planet berkelanjutan dan layak huni.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Indra Dwi Prasetyo menekankan pentingnya bertindak sekarang untuk menyelamatkan bumi.

Menurutnya, cara kita hidup di bumi ini, baik itu penggunaan sumber daya dan produksi limbah yang berlebihan maupun ekonomi linier, perlu diubah.

“Kekuatan, suara, networking dan koneksi anak muda perlu dimanfaatkan oleh forum ini untuk membantu membangun kembali koneksi dengan alam demi masa depan yang berkelanjutan untuk semua,” ungkap Indra.

Sebagaimana diketahui, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota G20 dan pertemuan pemuda G20 yang dikenal dengan Youth 20 (Y20) pada 2022.

Terdapat empat bidang prioritas yang akan diusung dalam event ini, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, keragaman dan inklusi.

Isu planet yang berkelanjutan dan layak huni menjadi tema besar Pra-KTT Ketiga Y20.

Pembahasan isu prioritas ini menjadi dua sub-tema: (1) penjagaan sumber daya alam; (2) ekonomi sirkular berbasis konsumsi dan produksi berkelanjutan. (Uli)

loading...