Desain Futuristik, Inikah Calon Mobil Listrik Asli Indonesia?

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 8 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kehadiran mobil listrik di Indonesia kian ramai dengan maraknya produsen besar meluncurkan produk andalan mereka di Indonesia. Salah satu pabrikan yang terus melahirkan produk mobil listriknya adalah Hyundai, melalui Kona Electrik dan Ioniq.

Melihat tren yang sedang berkembang ini, melalui laman Direktoran Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) kedapatan mematenkan mobil listrik SUV dengan desain yang futuristik.

Dalam dokumen Berita resmi Desain Industri No. 28/DI/2021, ITB menampilkan satu unit mobil listrik dengan mengusung bentuk yang modern.

Selain itu, pada judul desain permohonan tersebut, tertulis bahwa ini merupakan mobil listrik tipe SUV dengan nama pemohon Institut Teknologi Bandung.

Masih mengacu pada dokumen yang dirilis pada 29 September 2021, ada tiga nama yang menjadi pendesain dari mobil listrik SUV ini.

Ketiga nama tersebut adalah Reza Andy Ciptadi, Bentang Arif Budiman, dan Kresna Bayu Aji. Tidak diketahui apakah ketiga nama ini merupakan mahasiswa ITB atau dari luar civitas kampus tersebut.

Secara sekilas, mobil listrik SUV ini mirip dengan produk milik Range Rover Evoque lewat penampilan depannya. Bumper serta penggunaan lampu yang sipit, hampir menyerupai SUV asal Inggris ini, dilansir dari Liputan6.com (06/10/2021).

Memiliki Tampilan Desain yang Modern

Sementara bicara desain secara keseluruhan, mobil SUV listrik yang dikreasikan oleh anak bangsa ini tampil dengan futuristik lewat lekukan yang tajam dan dinamis.

Lengkungan roda depan dan belakang dibuat dengan gaya yang tegas serta dikawinkan dengan desain pelek yang kokoh dengan palang enam.

Sedangkan pada sisi bodinya, bentuk yang terkesan kotak ini ditandai dengan garis yang menjuntai dari lampu depan hingga bagian belakang tanpa putus.

Pada bagian spion, mobil ini juga sudah terintegrasi dengan lampu sein sehingga terlihat modern layaknya mobil jaman sekarang.

Bagian belakangnya, meskipun tidak begitu tampak namun terkesan landai serta mencirikan sebuah SUV coupe.

Atapnya pun dibuat dengan warna yang berbeda dengan warna bodi, alhasil membuat tampilan mobil listrik SUV ini semakin memancarkan aura premium. (Uli)