Deretan Hukuman Bagi Sopir Yang Mabuk Di Dunia

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 25 Maret 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Di berbagai dunia, ada sanksi yang dijatuhkan kepada pengemudi yang ketahuan mabuk. Hukumannya beragam, mulai dari sanksi denda sampai kurungan penjara.

Tapi, ada juga, lho, hukuman unik bagi pengemudi yang mabuk.

Ada yang diminta jalan sejauh 32 kilometer. Ada juga yang dihukum cambuk. Bahkan, ada juga hukuman memandikan mayat.

Berikut ini adalah hukuman unik bagi pengemudi mabuk, dikutip dari Dream.co.id (24/03/2020).

  1. Jalan Kaki Sejauh 32 KM

Turki menerapkan hukuman yang unik bagi pengemudi yang mabuk. Orang-orang yang ketahuan mabuk ketika mengemudi dipaksa untuk berjalan sejauh 32 kilometer ke rumah dan diawasi oleh polisi. Kedengarannya aneh, tapi bisa jadi ide yang buruk kalau dipraktikkan.

  1. Kursus Politik Selama Setahun atau Hak Politik Dicabut

Polandia merupakan negara dengan jalan yang paling berbahaya di Eropa. Kalau ada pengemudi yang ketahuan mabuk, hukuman yang akan dijatuhkan adalah kursus politik selama satu tahun. Atau, hak politikmu akan dicabut selama tiga tahun sampai lima tahun.

  1. Dicambuk

Di Uni Emirat Arab, hukumannya ngeri, Sob. Sebelum mendekam beberapa bulan di jeruji besi, kamu akan mendapatkan 80 kali cambukan di punggung, lengan, dan kaki. Jadi, masih mau coba-coba?

  1. Penumpang Kena Getahnya

Di Malaysia, kalau ada penumpang lain yang berada di satu mobil dengan pengemudi mabuk, dia juga akan kena getahnya. Penumpang yang bersangkutan juga dihukum karena dinyatakan terlibat.

  1. Wajah Dipampang di Koran

Kalau di Australia, pengemudi akan mendapat hukuman sosial. Harian lokal di sana akan menyisihkan satu halaman bagi para pengemudi yang mabuk. Selain itu, mereka akan didenda dan dipenjara.

  1. Mobil Disita

Di Kosta Rika, El Salvador, dan Perancis, pengemudi mabuk bisa gigit jari. Mobil mereka akan jatuh ke tangan polisi. Mobil akan ditebus oleh pemerintah dan menjadi milik negara.

  1. Denda Berdasarkan Rekening Tabungan

Penalti mengemudi dalam keadaan mabuk di Swedia akan sebanding dengan jumlah saldo rekening pelanggar. Kalau kamu seorang jutawan, denda yang akan diterima bisa mencapai puluhan ribu dolar AS. Kemudian, pelanggar akan kehilangan SIM selama 3 tahun atau mobil disita.

  1. Memandikan Mayat

Hukuman ini benar-benar ada di Moldova—sebuah negara pecahan Soviet yang berada di Eropa Timur. Pengemudi yang mabuk harus bekerja di kamar mayat rumah sakit pemerintah, menonton otopsi, dan memandikan mayat selama tiga bulan. Ini adalah syarat bagi mereka yang ingin mendapatkan lisensi mengemudinya kembali.

Ya, di sana, pelanggar akan langsung kehilangan hak mengemudi begitu ketahuan mabuk. Mereka juga harus menunggu keputusan pengadilan untuk melihat berapa lama lisensi ditangguhkan. Kalau kadar alkohol dalam darah lebih tinggi dari 0,3 mg/l, pengemudi dilarang mengemudi seumur hidup. (Uli)

INDOLINEAR.TV