Derasnya Hujan Akibatkan Tanggul Kali Laya Depok Jebol

tribunnewscom/indolinear.com
Selasa, 28 November 2017
loading...

Indolinear.com, Depok – Akibat derasnya Hujan yang turun di Jabodetabek sepekan belakangan ini mengakibatkan tanggul Kali Laya di RT 7, RW 15, Kelurahan Tugu, Cimanggis, di kawasan Perumahan Bukit Cengleh 1, sempat jebol.

Jebolnya tanggul sempat mengancam puluhan rumah warga di sekitarnya yang dapat diterjang banjir akibat luapan Kali Laya jika hujan turun.

Namun pihak terkait dibawah komando Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok langsung melakukan penanganan saat kejadian.

Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Depok Citra Indah Yulianti menuturkan sejak kejadian tanggul Kali Laya jebol, pihaknya langsung turun ke lokasi untuk menghitung kebutuhan material guna menutup tanggul yang jebol.

“Langsung kita perbaiki dan kita tutup tanggul yang jebol dengan material yang kita miliki,” kata Citra, Senin (27/11/2017).

Karenanya sampai kini Senin, kata dia perbaikan menutup tanggul yang jebol sudah hampir rampung dan tanggul sudah cukup kuat untuk menahan aliran Kali Laya kembali.

Sehingga diharapkan kata dia luapan air Kali Laya bisa ditahan oleh tanggul yang sudah diperbaiki ini.

Citra mengatakan jebolnya beberapa titik tanggul di sana dikarenakan bangunan turap setinggi sekitar satu setengah meter tersebut sudah cukup tua. “Bangunan tanggul atau turap dibangun 2005, sehingga jebol,” kata Citra.

Ke depan kata dia, Pemkot Depok akan menyiapkan anggaran untuk memperbaharui bangunan tanggul yang ada di sana. “Agar tidak jebol lagi nantinya, di titk lainnya,” kata Citra.(Gie