Demi Akademi Bulu Tangkis Terbaik, Malaysia Tunjuk Lee Chong Wei

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Senin, 13 Januari 2020

Indolinear,com, Malaysia – Asosiasi Badminton Malaysia (BAM) tengah melakukan restrukturisasi untuk membenahi pelatihan para bibit muda bulu tangkis negara tersebut dengan menunjuk Misbun Sidek sebagai Direktur Teknik untuk para pemain remaja.

Dilansir dari Kompas.com (12/01/2020), BAM bakal merombak struktur kepelatihan skuad Malaysia dengan tumpuan terarah kepada Misbun Sidek untuk memberikan bimbingan kepada para pemain muda.

Sekarang ini, Misbun mengemban tugas sebagai pelatih nomor tunggal putra timnas senior Malaysia.

Pria berusia 59 tahun ini dikatakan menjadi calon utama untuk melatih skuad remaja Malaysia setelah BAM melihat program selama ini gagal melahirkan pemain muda yang bisa berbicara banya di level internasional.

Sekarang ini, Kwan Yoke Meng menjabat sebagai pelatih usia muda. Misbun Sidek merupakan pelatih tunggal putra yang telah bekerja dengan para pebulu tangkis tersukses Malaysia termasuk Roslin dan Muhammad Hafiz serta Lee Chong Wei.

Muhammad Hafiz berhasil menggondol gelar All England 2003 saat sang pemain berusia 21 tahun. Sementara Lee Chong Wei berhasil mengambil perak pada Olimpiade 2008 di Beijing. S

empat meletakkan jabatannya pada penghujung 2010 akan tetapi ia kembali ke BAM pada 2017 untuk mengemban posisi kini. Berbicara mengenai rencana penunjukkan Misbun Sidek, Lee Chong Wei menyebut bahwa keputusan BAM tersebut merupakan langkah tepat.

“Misbun sudah seperti ayah dan saya akan senantiasa mendukungnya. Beliau adalah pelatih hebat dan seorang legenda,” tutur Lee Chong Wei.

“Saya yakin ia akan melahirkan banyak pemain bagus apabila beliau melatih para pemain remaja.” “Di mana pun beliau pergi, ia tetap yang terbaik. Saya percaya Misbun akan menjadi contoh yang baik kepada para pemain muda karena ia menekankan faktor disiplin kepada mereka,” ujar pria berusia 37 tahun tersebut.

Sekretaris Jenderal BAM, Kenny Goh, mengakui Misbun memiliki kualitas yang diperlukan untuk jabatan tersebut tetapi belum ada keputusan akhir mengenai penunjukkan sang pelatih.

Sementara, Presiden BAM  Seri Mohamad Norza Zakaria mengatakan kalau pendekatan Misbun cocok bagi memupuk budaya baru dalam kalangan pemain remaja.

“Misbun cukup ahli dalam melahirkan pemain muda dengan penuh disiplin selain membina hubungan rapat dengan para pemain. Kami juga mau memupuk disiplin tinggi dan menjadikan hal itu sebagai kultur untuk membawa kami suatu hari nanti menjadi akademi badminton terbaik dunia,” tutur Zakaria lagi. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya