Delapan Tanda Yang Bakal Ditunjukkan Kulit ketika Kamu Mengalami Diabetes

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 25 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Diabetes merupakan sebuah masalah kesehatan yang ditandai dengan sejumlah gejala yang tampak. Ketika mengalami masalah kesehatan seperti ini, kulit juga bisa menunjukkan tanda yang khas.

Tanda pada kulit yang ditunjukkan oleh diabetes ini biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Sejumlah masalah kulit bisa merupakan tanda langsung diabetes atau reaksi alergi terhadap insulin atau pengobatan diabetes.

Sejumlah masalah kesehatan tertentu bisa jadi tanda dari adanya masalah kesehatan ini. Dilansir dari Merdeka.com (23/07/2021), berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa ditunjukkan kulit ketika mengalami masalah diabetes.

Benjolan Kuning, Merah, atau Cokelat di Kulit

Masalah diabetes pada kulit ini sering salah dipahami sebagai jerawat. Hal ini bakal muncul berupa benjolan kecil yang bakal semakin parah dengan membengkak dan mengeras. Hal ini juga bisa ditandai dengan rasa sakit dan gatal yang muncul ketika mengalami diabetes.

Bercak Hitam di Kulit

Ketika kamu memiliki bercak hitam terutama di ketiak, selangkangan, atau di belakang leher, sebaiknya segera periksakan kondisimu lebih jauh. Hal ini bisa jadi merupakan tanda diabetes yang muncul di dirimu.

Kulit kering dan Gatal

Diabetes bisa jadi berujung pada munculnya kondisi kering di kulit. Tingginya gula darah menjadi penyebab terjadinya kondisi kulit yang kering dan gatal ini.

Kulit Kering di Sekitar Mata

Ketika kamu tak bisa mengontrol diabetes, hal ini bisa meningkatkan kadar lemak di dalam darah. Saat hal ini terjadi, bisa muncul kondisi kulit kering di sekitar mata.

Kulit Menebal

Kondisi kulit bengkak, tebal, dan keras pada bagian belakang tangan merupakan kondisi kulit umum yang berhubungan dengan diabetes. Ketika masalah ini tidak lekas ditangani, hal ini bisa menyebar pada lengan bagian atas atau bahkan pada dada, wajah, dan leher.

Kulit Melepuh Akibat Diabetes

Kondisi kulit ini terkadang muncul pada mereka yang mengalami diabetes. Kondisi kulit melepuh ini bisa terjadi pada jari, lengan, kaki, serta bahkan pada kaki. Hal ini berupa kondisi melepuh dan sering muncul pada mereka yang mengalami neuropati diabetik.

Kutil

Kutil merupakan daging tumbuh dalam bentuk kecil di kulit dan biasa muncul pada usia paruh baya. Hal ini bisa muncul pada bagian kulit mana pun dan tak berbahaya. Namun jangan lengah karena hal ini bisa menjadi tanda adanya diabetes.

Luka di Kulit

Tingginya kadar gula darah dalam waktu lama bisa menyebabkan buruknya sirkulasi darah dan kerusakan saraf. Karena hal ini, seseorang yang mengalami masalah diabetes cenderung lebih mudah terluka terutama di kaki. (Uli)