Delapan Masalah Kesehatan Yang Rentan Dialami Oleh Wanita Setelah Melahirkan

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 26 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Usai melahirkan, sejumlah perubahan bakal dialami oleh seorang ibu. Hal ini tidak hanya dapat rutinitas kehidupan saja namun juga dalam tubuh.

Pada saat hamil, tubuh bakal mengalami sejumlah perubahan. Sejumlah perubahan ini kerap kali juga bakal mengalami masalah usai melahirkan.

Sejumlah masalah dan kendala fisik rentan dialami usai melahirkan. Sebagian dari hal ini biasanya umum terjadi pada seorang ibu yang telah melahirkan.

Walau normal, namun berbagai perubahan yang terjadi ini bisa membingungkan dan mengganggu terutama bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan. Dilansir dari Merdeka.com (24/12/2021), berikut sejumlah perubahan dan masalah kesehatan yang rentan dialami wanita usai melahirkan.

Postpartum Blues

Hampir 75 persen wanita mengalami apa yang dikenal dengan sebutan postpartum blues, yakni semacam perubahan suasana hati, depresi, kelesuan, lekas marah, frustrasi, insomnia, menangis, dan gejala tertentu lainnya. Hal ini sebenarnya adalah sebuah kewajaran, yang mana disebabkan oleh hormon dan fluktuasi.

Rambut Rontok

Usai seorang wanita melahirkan, kondisi rambut rontok merupakan hal yang rentan dialami. Terjadinya kondisi ini bisa dipicu oleh perubahan tingkat esterogen.

Organ Kewanitaan Mengering

Kondisi kering pada vagina juga dapat terjadi pada wanita setelah melahirkan. Fluktuasi hormonal dan menyusui juga bisa menjadi alasan di balik kondisi keringnya vagina.

Perubahan Payudara

Payudara akan membesar dan sering merasakan sakit atau nyeri. Hanya saja ini kebanyakan dialami oleh ibu-ibu baru. Puting menjadi sangat sensitif dan terkadang butuh waktu lama untuk membiasakan diri menyusui sang bayi.

Perubahan Perut

Perubahan fisik terutama pada perut merupakan hal yang juga biasa dialami setelah melahirkan. Sayangnya, butuh waktu lama untuk mengembalikan perut ke bentuk semula pasca melahirkan.

Sembelit

Masalah pada sistem pencernaan juga bisa terjadi pasca melahirkan. Sembelit bisa terjadi karena sistem pencernaan dapat melambat selama fase itu. obat-obatan yang dikonsumsi pasca melahirkan juga terkadang mempengaruhi pencernaan.

rasa sakit di tubuh

Beberapa wanita juga mungkin mengalami rasa sakit di bagian pribadi mereka, perut, dan bahkan tulang rusuk. Ketika rahim secara bertahap kembali ke ukuran normal, hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, Bahkan pulih dari operasi caesar bisa lebih menyakitkan.

Pendarahan

Pendarahan juga dapat terjadi bersama dengan gumpalan. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa minggu dan mungkin secara bertahap berhenti sendiri. Mirip dengan pendarahan saat menstruasi, namun ini bukan menstruasi.

Sejumlah kondisi itu rentan dialami oleh waita setelah melahirkan. Walaupun berbagai kondisi tersebut cukup normal dialami, namun sebaiknya jika sudah sangat mengganggu, kamu berkonsultasi dengan dokter. (Uli)