Delapan Makanan Penyebab Gagal Ginjal, Batasi Agar Tak Timbulkan Penyakit

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 9 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Makanan penyebab gagal ginjal sering tidak disadari banyak terdapat di lingkungan sekitar kita. Bahkan, tak jarang pula kita menyantapnya sebagai sajian sehari-hari.

Padahal, ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi paling penting bagi kesehatan tubuh. Ginjal diketahui berfungsi untuk menyaring racun yang ada di dalam darah serta mengeluarkannya melalui urine. Tak hanya itu, organ yang mungil ini juga memproduksi beberapa hormon bagi kelangsungan sistem metabolisme tubuh.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal. Caranya yakni dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, seperti membatasi untuk mengonsumsi berbagai makanan penyebab masalah kesehatan pada ginjal.

Salah satu penyakit yang rentan menyerang organ tersebut adalah gagal ginjal. Sebab, berbagai kebiasaan buruk hingga asupan makanan seringkali dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terserang gagal ginjal.

Simak 8 makanan penyebab gagal ginjal yang patut Anda ketahui berikut ini yang dilansir dari Merdeka.com (07/10/2020).

Daging

Makanan penyebab gagal ginjal yang pertama adalah daging. Mengonsumsi daging dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menimbulkan masalah pada ginjal.

Hal ini lantaran protein hewani sulit untuk dicerna sehingga dapat menyebabkan beban berat pada ginjal. Tak hanya itu, pola makan tinggi protein hewani secara rutin dinilai dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Daging merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan purin dalam jumlah tinggi. Hal ini dapat memicu produksi asam urat yang juga menjadi salah satu penyebab batu ginjal. Maka, sebaiknya kurangi konsumsi daging dan lebih banyak sayuran serta buah-buahan.

Pisang

Meski tergolong ke dalam jenis buah-buahan, namun rupanya pisang juga dapat meningkatkan risiko penyakit gagal ginjal. Pisang menjadi makanan penyebab gagal ginjal karena kandungan potasiumnya yang cukup tinggi.

Kandungan potasium yang tinggi tersebut cenderung membuat fungsi ginjal menjadi tidak stabil. Meski tubuh memang membutuhkan potasium, namun tak ada salahnya untuk selalu mengonsumsi pisang dalam batas yang wajar.

Roti Gandum

Roti gandum merupakan salah satu makanan sehat yang kerap kali ditemui pada jamuan sarapan pagi. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan rupanya juga dapat membawa dampak yang buruk bagi tubuh.

Sebab, roti gandum juga diklaim sebagai salah satu makanan penyebab gagal ginjal. Hal ini lantaran kandungan fosfor dan potassium yang cukup tinggi pada roti dengan bahan dasar gandum tersebut. Pada seiris roti gandum mengandung kisaran 70 mg potassium dan 57 fosfor yang tentu lebih tinggi dibanding roti biasa.

Jeruk

Makanan penyebab gagal ginjal berikutnya adalah buah jeruk. Jeruk rupanya memiliki kandungan potassium meski kaya akan vitamin C. Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung 240 mg potassium.

Tingginya kandungan potassium tersebut membuat ginjal cenderung berfungsi secara lebih keras. Saat tubuh memiliki kandungan potassium yang terlalu banyak serta ginjal yang tak dapat membuang kelebihannya, maka jelas hal ini dapat mengancam kesehatan tubuh.

Produk Olahan Susu

Makanan penyebab gagal ginjal selanjutnya adalah susu. Produk olahan susu memang baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi perkembangan tulang. Sebab, berbagai produk olahan susu seperti yogurt, susu, dan keju tersebut memiliki kandungan vitamin dan nutrisinya dalam jumlah yang cukup besar.

Namun, tingginya kandungan fosfor pada susu justru dapat memberi tekanan pada ginjal. Saat dalam jumlah berlebihan, ginjal dapat berfungsi secara tidak normal hingga lebih lanjut dapat menyebabkan gagal ginjal.

Alpukat

Selain pisang dan jeruk, rupanya alpukat juga menjadi salah satu buah penyebab penyakit ginjal. Alpukat yang digadang-gadang merupakan buah yang kaya nutrisi serta baik bagi tubuh tersebut diklaim juga memiliki kandungan potassium dalam jumlah cukup tinggi.

Kandungan inilah yang cukup berbahaya bagi ginjal. Meski alpukat memiliki banyak mineral yang dibutuhkan tubuh, namun terlalu banyak potassium dalam aliran darah dapat berujung pada kram otot hingga detak jantung yang tak beraturan.

Gula

Gula juga merupakan salah satu sumber makanan penyebab gagal ginjal. Bukan hanya diabetes, berbagai makanan yang mengandung banyak gula juga dapat membahayakan kesehatan dari fungsi ginjal.

Kandungan gula pada aliran darah dapat menyebabkan hipertensi. Penyakit tersebut secara tidak langsung juga berdampak bagi kesehatan ginjal. Tak mustahil pula kelebihan gula pada darah akan menyebabkan gagal ginjal akut.

Garam

Selain gula, fungsi ginjal juga berlawanan dengan kandungan garam berlebih yang seringkali ada di dalam aliran darah. Selain dapat menyebabkan gagal ginjal, konsumsi garam berlebih dinilai dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti hipertensi hingga serangan jantung.

Garam yang memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh ini bekerja dengan memberikan isyarat kepada ginjal kapan harus menahan ataupun membuang sisa metabolisme dalam bentuk urine. Konsumsi garam berlebih akan mengganggu proses yang satu ini. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: