Delapan Efek Menakutkan yang Dilakukan Alkohol Terhadap Tubuhmu

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 17 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu minuman yang bisa berdampak buruk ke dalam tubuh adalah minuman beralkohol. Dampak buruk ini bisa kamu alami bahkan dari tegukan pertama.

Dampak ini kadang tidak dialami hanya dalam satu malam atau langsung usai meminumnya saja. Akumulasi dari konsumsi alkohol ini bisa berdampak sangat besar pada tubuh.

Efek seketika dari konsumsi alkohol ini mungkin berupa kondisi mabuk. Namun efek jangka panjang yang bisa ditimbulkan terjada bisa lebih berbahaya.

Minum terlalu banyak alkohol bisa menyebabkan aktivasi abnormal terhadap enzim pencernaan yang diproduksi oleh pankreas. Penumpukan enzim ini di tubuh bisa menyebabkan peradangan bernama pankreatitis. Lebih lanjut, kondisi ini pada jangka panjang bisa menyebabkan komplikasi serius.

Akumulasi dari dampak alkohol ini bisa menghancurkan tubuh serta berbagai oragan di dalamnya. Dilansir dari Merdeka.com (15/10/2020), berikut sejumlah dampak berbahaya alkohol yang bisa dialami oleh tubuh.

Peradangan

Liver merupakan organ yag bisa membantu mencerna dan menghilangkan substansi berbahaya dari tubuh termasuk alkohol. Konsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa menyebabkan proses ini dan meningkatkan risiko peradangan dan penyakit liver.

Penyakit liver bisa membahayakan nyawa dan berujung keracunan serta penumpukannya di tubuh. Dampak ini bakal lebih bahaya pada wanita karena mereka menyerap lebih banyak alkohol dan membutuhkan waktu lama untuk memprosesnya.

Masalah Kadar Gula Darah

Pankreas bisa membantu mengatur penggunaan insulin tubuh serta respons terhadap glukosa. Ketika pankreas dan liver tidak bekerja dengan tepat, kamu berisiko mengalami kadar gula darah rendah atau hipoglikemia.

Pankreas yang bermasalah bisa mencegah tubuh memproduksi cukup insulin untuk memanfaatkan gula. Hal ini bisa berujung pada munculnya hiperglikemia atau kadar gula darah terlalu tinggi. Kedua kondisi ini bisa terjadi akibat konsumsi alkohol ini.

Masalah Saraf

Ketika mengonsumsi alkohol, masalah koordinasi dalam sistem saraf bisa terjadi. Kamu juga bisa kesulitan dalam menjaga keseimbangan serta melakukan berbagai hal lain.

Konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan kesulitan pada otak untuk membuat memori jangka panjang. Lebih lanjut, alkohol bisa menyebabkan masalah kontrol emosi, ingatan jangka pendek, penilaian terhadap suatu hal serta pada jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan otak secara permanen.

Kecanduan

Seseorang yang banyak minum alkohol mungkin mengalami kecanduan fisik dan emosi pada alkohol. Kecanduan alkohol bisa sangat sulit diatasi dan mengancam nyawa.

Gejala kecanduan alkohol ini bisa menimbulkan berbagai dampak seperti kecemasan, mual, tremor, masalah tekanan darah, detak jantung tak teratur, serta berbagai dampak lain. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi berlebih alkohol dan hindari sebisa mungkin.

Masalah Sistem Pencernaan

Masalah sistem pencernaan dengan konsumsi alkohol ini tidak terjadi secara langsung. Walau begitu, efek samping ini mungkin terjadi terutama ketika sudah muncul masalah kesehatan.

Konsumsi alkohol bisa menyebabkan masalah gas, kembung, perut terasa penuh, diare atau buang air yang sulit, serta bahkan munculnya ambeien. Seseorang yang mengonsumsi alkohol terlalu banyak juga beresiko mengalami kanker. Hal ini bisa semakin berbahaya ketika orang tersebut juga merokok.

Masalah Sistem Sirkulatori

Konsumsi alkohol bisa berdampak pada jantung dan paru-paru. Seseorang yang merupakan peminum berat memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah jantung.

Masalah sistem sirkulatori ini juga bisa berupa tekanan darah tinggi, detak jantung tak beraturan, stroke, asalah jantung, serta kesulitan menyerap vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa berbahaya ketika konsumsi alkohol ini terus-menerus dilakukan.

Kesehatan Seksual dan Reproduksi

Seorang pria yang terlalu banyak mengonsumsi alkohol cenderung lebih bersiiko mengalami disfungsi ereksi. Banyak konsumsi alkohol juga bisa bisa mencegah produksi hormon seksual serta menurunkan libido.

Wanita yang mengonsumsi terlalu banyak alkohol bisa berhenti mengalami menstruasi yang bisa berdampak ketidaksuburan. Konsumsi pada saat kehamilan bisa berdampak bahaya terhadap kelahiran prematur, keguguran serta bayi meninggal saat dilahirkan.

Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi alkohol bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh menjadi lebih kesulitan bagi tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Seseorang yang banyak minum dalam jangka panjang cenderung mengalami pneumonia dan tuberkulosis dibanding orang lain. Konsumsi alkohol juga bisa meningkatkan risiko kanker jenis tertentu termasuk mulut, payudara, serta usus.

Secara umum, konsumsi alkohol ini merupakan hal yang berbahaya bagi tubuh. Mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi alkohol merupakan hal yang penting dilakukan bagi semua orang. (UlI)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: