Dekorasi Paskah Di Gereja Katedral Jakarta Padukan Nuansa Budaya Jawa Dengan Merpati

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 20 April 2019
ARTIKEL INI BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT KECANTIKAN. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dalam merayakan Hari Raya Paskah 2019, Gereja Katedral Jakarta kembali memilih dekorasi yang kental bernuansa tradisional Indonesia.

Tahun ini, gereja yang terletak tepat di depan Masjid Istiqlal itu mengusung tema ‘100 Persen Katolik, 100 Persen Indonesia’.

Seperti yang terlihat di berbagai sudut gereja yang berada di kawasan Jakarta Pusat tersebut, Jumat (19/4/2019).

Tema tersebut merupakan pegangan dasar dari dekorasi Paskah 2019.

Dilansir dari Tribunnews.com (19/04/2019), terkait desain dari dekorasi itu, panitia penyelenggara Misa di gereja tersebut menggunakan ornamen bernuansa budaya Jawa yang sangat kuat.

Sementara ornamen wayang dan gunungan menjadi salah satu unsur penting dalam dekorasi tersebut.

Tentunya disempurnakan dengan ornamen burung merpati yang sangat identik dengan momen perayaan Paskah yang menambah kesan tradisional minimalis yang tetap classy.

Terpantau khusyuk

Misa kedua pada Jumat Agung jelang Hari Raya Paskah yang digelar di Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019) terpantau berjalan khidmat.

Para jemaat yang hadir dan mengikuti misa terlihat khusyuk.

Pantauan Tribunnews, jemaat tua, muda, lelaki maupun perempuan memadati aula utama hingga halaman gereja.

Ditemui di gereja tersebut, Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie mengatakan dalam Misa kali ini seluruh umat Kristiani sedang merenungkan apa yang dialami Yesus Kristus.

“Kita merenungkan kisah sengsara Kristus dan wafatnya, ditampilkan bahwa manusia itu ada pergolakan dalam hidupnya, dengan adanya godaan dari iblis dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Susyana.

Terkait tema Paskah 2019 ini, gereja yang memiliki letak tepat di depan Masjid Istiqlal itu memilih tajuk ‘Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat’.

Pemilihan tajuk tersebut sesuai dengan tema Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta yang mencanangkan tahun 2019 sebagai ‘Tahun Berhikmat’.

Terjunkan 5.500 personel

Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema pengamanan untuk mengamankan jalannya ibadah umat kristiani pada Kenaikan Isa Al Masih dan Paskah.

“Untuk kegiatan besok kenaikan Isa Almasih dari Polda Metro Jaya sudah merencanakan untuk pengamanan di beberapa gereja yang melaksanakan kegiatan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Rencananya, ribuan personel bakal diterjunkan oleh Polda Metro Jaya untuk mengamankan sejumlah gereja yang mengadakan kebaktian.

Pihak Polda Metro Jaya bakal berkoordinasi dengan gereja-gereja terkait jadwal pelaksanaan kebaktian.

“Ada sekitar 5.500 personel yg kita turunkan untuk menjaga. Jadi nanti kita komunikasi dengan pimpinan gereja kira-kira nanti jadwal kebaktiannya kapan,” tutur Argo.

“Apakah nanti malam ataukah besok pagi atau besok sore. Tapi semuanya dudah kita komunikasikan dan sudah kita siapkan untuk pengamanan,” pungkas Argo. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: