Debut Pertama Donald Bebek Di Dunia Film

liputan6com/indolinear.com
Sabtu, 25 November 2017
loading...

Indolinear.com, Washington, D.C – 83 tahun silam, salah satu karakter Disney berupa bebek yang kerap tampil mengenakan baju pelaut biru tanpa celana lahir. Ia adalah Donald Duck alias Donald Bebek.

Donald tampil pertama kali pada 9 Juni 1934 dalam film kartun berjudul The Wise Little Hen.

Menurut Guest Service Disney, debut perdana Donald Bebek itu sekaligus diakui sebagai hari ulang tahunnya.

Meski menurut film The Three Caballeros, disebutkan bahwa hari lahirnya jatuh pada Jumat ke-13, dan berdasarkan kartun Donald’s Happy Birthday disebutkan 13 Maret sebagai ulang tahunnya.

Menurut kartun Donald Gets Drafted (1942), nama lengkap Donald Bebek adalah Donal Fauntleroy Duck. Nama tengahnya merupakan referensi untuk topi pelautnya yang merupakan aksesoris untuk baju Fauntleroy. Situs Disney juga menyatakan bahwa namanya demikian, dan sebuah episode dalam film Quack Pack mendukung pernyataan tersebut, dilansir dari Liputan6.com (23/11/2017).

Suara khas karakter Donald Duck merupakan hasil kerja keras pengisi suaranya, Clarence “Ducky” Nash. Berkat dirinya, citra Donald kian tertanam pada pemirsanya sebagai karakter dengan ciri khas yang unik.

Nash mengisi suara Donald Duck hanya sampai tahun 1985. Setelah itu digantikan oleh Tony Anselmo yang dilatih oleh pendahulunya.

Donald Duck dikenal memiliki sifat temperamental yang mudah marah. Dia juga sering dipecat dan bergonta-ganti pekerjaan.

Kendati demikian, hal itu menunjukan bahwa Donald Duck lebih terampil dari karakter Disney lain. Karena ia dapat bekerja hampir di segala bidang. (Uli)