Daya Jelajah Mobil Listrik Toyota Ini Bisa Mencapai 150 Km

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 4 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Toyota resmi meluncurkan mobil listrik mungil dua penumpang, C+pod. Kemunculan roda empat ramah lingkungan pesaing Smart EQ ForTwo ini hanya bersifat terbatas, untuk pengguna fleet, pemerintah daerah di Jepang, serta organisasi lain yang telah menjajaki opsi mobilitas.

Melansir dari Liputan6.com (02/01/2021) , C+pod ini ditujukan untuk pengguna korporat yang secara teratur mengujungi pelanggannya di perkotaan atau pegunungan, yang membutuhkan opsi transportasi tidak terbatas dan ramah lingkungan.

Mobil ini, memiliki dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm, dengan jarak sumbu roda 1.780 mm, dan radius putas 3,9 m untuk bermanuver melalui sudut tajam di jalan sempit dan meminimalkan pengoperasian roda kemudi.

Mobil listrik ini mengandalkan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 12,3 Tk dan torsi 56 Nm, dengan kecepatan maksimum 60 km/jam.

Sumber tenagannya, berasal dari baterai lithium ion 9,06 kWh yang membutuhkan waktu sekitar lima jam untuk mengisi daya hingga penuh. Sedangkan daya jelajah mobil ini, berdasarkan uji WLTC Kelas 1 mampu menempuh jarak hingga 150 km.

Mobil listrik ini memiliki sistem bantuan pengemudi aktif yang sesuai dengan fungsi di perkotaan, dan dilengkapi sistem keselamatan sebelum tabrakan yang mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki baik siang maupun malam hari, serta deteksi pengendara sepeda di siang hari.

Fitur

Sementara itu, intelligent clearance sonar dengan parking support brakes hadir untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan akibat kontak dengan dinding atau benda diam lainnya di kecepatan rendah.

Dalam hal keamanan pasif, pod C + menggunakan struktur yang menyerap dan menyebarkan energi benturan ke beberapa komponen, dan mengurangi benturan untuk mengurangi cedera pada pejalan kaki.

Eksterior C+pod dilengkapi lampu depan LED dan lampu belakang kombinasi LED, dan panel bodi yangterbuat dari plastik untuk menghemat berat. Bagian dalam memiliki lebar interior 1.100 mm, dengan instrumen yang terletak di tengah dasbor.

Sebagai informasi, walaupun saat ini hanya terbatas penggunaan secara borongan, tapi untuk konsumen retail akan tersedia pada 2022. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: