Dari Tri Rismaharini Sampai Sandiaga Uno Masuk Kabinet Indonesia Maju

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Rabu, 23 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Selasa (22/12) sore, Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di Kabinet Indonesia Maju.

“Pada sore hari yang berbahagia ini, saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, dalam siaran virtual YouTube Sekretariat Presiden, dilansir dari Tribunnews.com (22/12/2020).

Ada enam menteri baru yang diperkenalkan oleh Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Yang pertama adalah Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya ini akan menjabat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang sebelumnya ditahan KPK karena dugaan kasus suap Bansos corona.

Kedua adalah Sandiaga S. Uno yang akan menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI, dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimimpin kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Jokowi.

Yang ketiga adalah Budi Gunadi Sadikin. Wakil menteri Badan Usaha Mulik Negara (BUMN) ini akan menjabat sebagai menteri kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Keempat adalah Yaqut Cholil Qoumas yang akan menjabat sebagai menteri agama. “Beliau adalah tokoh Muslim, Ketua GP Anshor, dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” kata Jokowi.

Sementara itu, posisi Menteri Kelautan dan Perikanan yang kosong akan diisi oleh Sakti Wahyu Trenggono. Sakti saat ini adalah wakil menteri pertahanan.

Dan terakhir adalah Muhammad Luthfi yang akan menjabat sebagai menteri perdagangan. “Pernah di Kepala BKPM, kemudian menteri perdagangan, kemudian duta besar Indonesia untuk Jepang, dan terakhir duta besar untuk Amerika Serikat. Dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin kementerian perdagangan,” jelas Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa pelantikan keenam menteri baru akan dilaksanakan pada Rabu (23/12) pagi.

“Dan pelantikan akan dilaksanakan insyaallah pada besok pagi,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, isu Jokwi akan merombak kabinetnya semakin menguat setelah dua menterinya yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo dan Menteri Sosial, Juliari Batubara ditahan KPK atas dugaan kasus korupsi beberapa waktu lalu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: