Dapat Perintah Dari Menlu, TNI Segera Evakuasi WNI Di Provinsi Hubei

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 31 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya telah menyiagakan pasukan untuk mengevakuasi warga negara Indonesia yang ada di Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Akan tetapi TNI masih menunggu perintah dari Menteri luar negeri (Menlu), Retno Marsudi sebagai sector leading dalam upaya evakuasi tersebut.

“Kami menunggu perintah Menlu, sebagai leading sectornya Menlu. Yang penting kami siap. Kapan diminta bantuan, kami siap,” ujar Hadi Tjahjanto, dilansir dari Tribunnews.com (30/01/2020).

Panglima TNI mengatakan, TNI telah menyiagakan pesawat dan menyediakan tenaga medis.

Pihaknya juga telah menyiapkan peralatan apa saja yang harus dibawa, termaksud diantaranya baju steril yang biasa digunakan tenaga medis untuk cegah virus, ruang isolasi, serta alat monitor suhu tubuh.

Diberitakan TNI juga telah menyiagakan sekiranya tiga pesawat yaitu dua pesawat Boeing 737 dan satu pesawat Hercules C-130.

Ketiga pesawat ini masing-masing muat menampung antara 90 hingga 100 penumpang.

“Itu sudah saya siapkan semua, termasuk dukungan pesawat milik TNI. Tinggal kita berkordinasi dengan Menlu, kapan kita diberangkatkan,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kabar lain menyebutkan, Menlu akan menggunakan pesawat sipil, Lion Air. Perihal itu, Panglima TNI mengatakan, jika itu dilakukan Menlu, itu sudah menjadi pertimbangan Menlu.

“Seandainya mencarter pesawat sipil itu juga sudah jadi pertimbangan ibu Menlu.Yang penting kami siap, kapan diminta bantuan, kami siap,” ujarnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: