Dana Rp1 Triliun Disiapkan Untuk Menyantuni 3 Juta Jomblo

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 16 April 2019
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Pemerintah Malaysia siap memberikan bantuan tunai kepada para lajang. Tak tanggung-tanggung, dana yang disiapkan untuk menyantuni para ‘jomblo’ itu mencapai Rp1 triliun.

Dikutip dari Dream.co.id (14/04/2019), dana yang disiapkan Kementerian Keuangan di Malaysia sebesar 300 juta ringgit (Rp1,03 triliun) untuk diberikan kepada lebih dari tiga juta orang yang belum menikah.

Setiap orang akan mendapatkan uang 100 ringgit, atau sekitar Rp345.000, dari pemerintah. Bantuan ini bisa diterima asalkan orang-orang itu terdaftar dalam database Bantuan Biaya Hidup (Bantuan Sara Hidup/BSH) pemerintah.

Uang ini disalurkan kepada lajang yang berpenghasilan rendah. Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng, mengatakan, bantuan tersebut akan disalurkan pada akhir Maret 2019.

Menurut Lim, keputusan ini dibuat setelah menerima masukan dari Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, dan Menteri Dalam Negeri, Muhyiddin Yassin.

“ Perdana Menteri menekankan bantuan harus diberikan untuk meringankan masalah biaya hidup,” kata dia.

Muhyiddin, kata Lim, juga mendesak agar pemerintah memberikan uluran tangan kepada pemuda yang belum menikah dan sudah bekerja tapi mendapatkan bayaran rendah.

Sempat Dihapus

The Star menyebut BSH ini bertujuan untuk membantu keuangan masyarakat yang berpenghasilan rendah di Malaysia. Sebelumnya, para lajang berusia 21 tahun ke atas dan penghasilan kurang dari 2 ribu ringgit (Rp6,9 juta) per bulan, menerima bantuan tunai 450 ringgit (Rp1,55 juta).

Tapi, kategori ini dihapuskan.

Muhyiddin meminta Lim untuk memulihkan bantuan tunai kepada para single. Sebab, kaum muda lajang tak lagi mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“ Saya meminta menteri keuangan agar bantuan ini diberikan kepada terus untuk pemuda yang tanpa penghasilan atau tanpa pekerjaan,” kata dia. (Uli)