Damkar Kota Bekasi Evakuasi Ular Sanca Seberat 25 Kg

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 30 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi mengevakuasi ular sanca batik yang masuk ke dalam rumah warga di Rawa semut raya RT 005/011, Margahayu, Bekasi Timur, Senin (27/12) pagi.

Ular sepanjang empat meter itu, sempat membuat geger pemilik rumah, karena muncul di saluran pembuangan air.

Atas hal inilah pemilik rumah melaporkan kejadian itu ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi.

Anggota Rescue Pleton B Damkar Kota Bekasi, Eko menyampaikan sebenarnya, warga sekitar sudah melihat adanya ular tersebut beberapa hari sebelum ular tersebut berhasil ditangkap.

“Jadi awal mulanya ini ada warga yang sudah melihat ular tersebut semenjak dua hari kebelakang di plafon kontrakan miliknya, kemudian ekor ular ini bergelantungan ke bawah,” kata Eko dikonfirmasi, dilansir dari wartakota.tribunnews.com (29/12/2021).

Tak berselang lama, ular tersebut akhirnya kabur ke rawa-rawa yang berada di belakang rumah warga.

Namun, setelah beberapa hari tak terlihat, ular sanca batik itu pun kembali lagi, dan masuk melalui saluran air pembuangan. Pemilik rumah sendiri melihat ekor ular itu sudah masuk ke saluran air pembuangan.

“Ada warga lainnya yang juga melihat ekor ular ini, separuh badannya ini sudah masuk ke dalam paralon pembuangan air kontrakan,” katanya.

Saat itulah, pemilik rumah pun langsung melakukan pelaporan ke Dinas Damkar Kota Bekasi pada Minggu (26/12) malam.

Karena telah memasuki paralon saluran pembuangan, maka petugas pun terpaksa melakukan pembongkaran.

“Banyak warga yang menonton proses evakuasi, hingga sulit bagi petugas untuk melakukan penanganan. Tapi alhamdulillah, kami bisa evakuasi pada pukul 01.00 dini hari tadi,” ujarnya.

Menurut Eko, ular sanca batik itu memiliki panjang empat meter dengan berat 25 kg, setelah proses evakuasi itu, ular sanca tersebut nantinya akan diserahkan ke pencinta reptil.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat, untuk dapat melaporkan temuan reptil seperti ular ke Damkar Kota Bekasi, jika tidak bisa mengevakuasi sendiri.

“Ularnya jenis sanca batik, dengan panjang empat meter diperkirakan berat sampai 25 kg. Setelah dievakuasi, ular akan kita kirimkan ke pencinta reptil atau sahabat reptil,” ucapnya. (Uli)

loading...