Dahsyatnya Ledakan 10.000 Liter Coca-Cola Dicampur Baking Soda

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 14 November 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pernahkah kamu melihat sebuah ledakan besar yang bukan berasal dari bom, namun berasal dari Coca-Cola?

Seorang influencer dari Rusia ini benar-benar membuat pertunjukan menarik. Ia membuat ledakan seperti gunung berapi yang meletus.

Dilansir dari Dream.co.id (13/11/2020), ledakan itu dibuat dari 10.000 ribu liter cocal-cola yang dicampur dengan baking soda.

Video yang merekam percobaan itu diunggah di YouTube dan sudah ditonton lebih dari tujuh juta kali saat artikel ini ditulis.

Dalam video itu ditunjukkan proses pembuatan ledakan yang berasal dari Coca-Cola itu. Terlihat mereka membuat ledakan itu di sebuah tempat yang lapang.

Habiskan Ratusan Juta

Seorang Vlogger bernama Maxim Monakhov dan timnya mengatakan dirinya menghabiskan dana lebih dari Rp 131 juta.

“ Saya menghabiskan lebih dari Rp 131 juta untuk video kali ini,” ucap Vlogger Maxim Monakhov atau lebih dikenal dengan sapaan Mamix.

Dalam video yang diunggah pada tanggal 21 Agustus 2020 itu, Mamix dan timnya menggunakan alat derek untuk menumpahkan tangka besar yang berisi 10.000 liter coca-cola, dicampur dengan baking soda ke dalam tangki khusus yang dibuat berlabel Coca-Cola.

Dicampur Baking Soda

Persiapannya dimulai dari awal mulai dari menyiapkan tangki untuk tempat pencampuran.

Mereka menambahkan baking soda yang diletakkan di dalam sebuah tangki besar. Lalu mengangkatnya dengan menggunakan alat berat untuk diletakkan di atas tangki yang lebih besar berisi Coca-Cola.

Dua orang terlihat bersiap mencampur kedua bahan itu untuk menciptakan sebuah letusan seperti gunung meletus. Mereka pun melompat dari atas tangki dan lari seperti adegan dalam film Mission Impossible.

Dengan cepat, dari dalam tangki keluar semburan menjulang tinggi seperti gunung Meletus. Mereka pun bersenang-senang di bawah air pancuran yang menyembur hasil percobaan.

Efek Reaksi Kimia

Meskipun menyerupai geyser minyak, namun efek pembakaran sebenarnya adalah hasil dari percampuran Coca-Cola dengan baking soda yang menghasilkan hidrogen karbonat.

Hal itu dijelaskan oleh Science Line dari Universitas California Santa Barbara. Hidrogen Karbonat kemudian diubah menjadi karbon dioksida yang berbentuk gelembung gas dalam skala besar.

Hasil serupa bisa didapatkan dengan mencampurkan permen mentos dengan CocCola yang pernah dilakukan oleh aksi penelitian amatir yang viral di media sosial sebelumnya. Mamix mengatakan ia memilih baking soda sebagai campuran karena harganya lebih murah.

Dilihat Jutaan Kali di YouTube

Aksi yang bombastis itu pun viral di YouTube. Hingga artikel ini diturunkan, video itu sudah dilihat sebanyak lebih dari tujuh juta kali.

“ Video ini merupakan video paling kreatif dan keren yang pernah saya lihat,” komentar salah satu netizen karena terpesona melihat semburan air mancur soda yang fantastis.

“ Video ini bisa menjadi suatu hal yang unik untuk diceritakan kepada anak cucu kita,” komentar akun yang lain.

Seorang komedian YouTube juga melontarkan komentarnya lucunya untuk video bombastis tersebut. Ia mengatakan bahwa dalam 10 tahun ke depan, Mamix bisa terbang ke Mars dengan roket yang berbahan bakar coca-cola dan baking soda. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: