Cultural Perfomances Dan Diaspora Talks Hiasi Indonesian Day KJRI Istanbul

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 11 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Keragaman dan semarak Indonesia kembali digelar KJRI Istanbul dalam kegiatan Indonesian Day: Food Bazaar, Cultural Perfomances and Diaspora Talks di kantor baru KJRI Istanbul yang berlokasi di Dikilitas, Besiktas pada 9 September 2021.

Menitikberatkan pada pemberdayaan ekonomi diaspora Indonesia, KJRI Istanbul menghadirkan UKM warga Indonesia diaspora yang berdomisili di Istanbul untuk menyajikan ragam kuliner nusantara.

Sebanyak 500 pengunjung baik warga asing Friend of Indonesia dan warga Indonesia hadir menyemarakkan Indonesian Day yang berlangsung dengan sangat meriah dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Pengunjung juga disuguhi pertunjukan kebudayaan Indonesia yang diasuh KJRI Istanbul yaitu Pencak Silat, Tari Cendrawasih dari Bali serta Tari Betawi oleh Gita Seni dan Budaya Indonesia, dilansir dari Tribunnews.com (10/09/2021).

Selain menyajikan Bazar Kuliner dan Pertunjukan Budaya, KJRI Istanbul dalam Indonesian Day juga menghadirkan kegiatan perluasan pelayanan kepada warga asing dan warga Indonesia melalui kegiatan yang dikemas dalam “Bincang Kekonsuleran”.

Melalui Bincang Konsuler warga dapat berdialog langsung dengan Pelaksana Fungsi Konsuler KJRI Istanbul terkait isu seputar pernikahan, izin tinggal dan izin kerja.

Ramai juga pengunjung asing yang bertanya isu keimigrasian karena ingin segera dapat berkunjung wisata dan urusan bisnis lainnya ke Indonesia.

 

Pengunjung yang tertarik dengan upaya inisiasi ataupun penguatan berbagai jenis usaha/bisnis oleh diaspora di Turki juga antusias mengikuti “Diaspora Talks” yang menghadirkan pembicara-pembicara dari warga Indonesia diaspora yang sukses merintis bisnisnya di Istanbul dari beragam usaha seperti kuliner, minuman dan bisnis ekspor impor.

Sukses penyelenggaraan Indonesian Day ini didukung oleh seluruh lapisan Komunitas Masyarakat Indonesia di Istanbul serta Friends of Indonesia yang tidak beranjak mengikuti dari awal seluruh rangkaian Indonesian Day mulai dari Bazar Kuliner, Ragam Budaya dan Tari serta Bincang Kekonsuleran dan Diaspora Talks.

Hadir pula dalam tamu undangan resmi Sahabat Indonesia dalam ASEAN Circle yaitu Konsul Jenderal Malaysia di Istanbul dan Konsul Jenderal Filipina di Istanbul.

Konsul Jenderal RI di Istanbul, Imam As’ari menyampaikan “bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat Indonesia diaspora dan Sahabat Indonesia, KJRI Istanbul akan terus meningkatkan dan memperluas pelayanan serta melakukan upaya penguatan pemberdayaan ekonomi diaspora Indonesia melalui platform Marmara Diaspora Network”.

Seluruh upaya KJRI Istanbul ini ditujukan sebagai kontribusi pemajuan dan penguatan ekonomi dan kepentingan Indonesia lainnya. (Uli)