Contoh Dongeng Singkat Dari Cina Berjudul Menunggu Kelinci

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Sabtu, 14 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Suatu hari, seorang petani sedang menggarap ladangnya. Ia mencangkul ladangnya seorang diri. Hal itu membuat ia sangat Ielah. Apalagi matahari sangat terik. Keringat pun bercucuran dari tubuh petani.

Petani itu lalu duduk di bawah pohon. Tiba-tiba ia melihat seekor kelinci lewat di depannya. Petani itu mengejar kelinci itu. Kelinci itu lari dengan sangat cepat hingga kemudian ia menubruk sebuah pohon.

Bruk! Kelinci itu jatuh lalu mati. Petani sangat senang melihatnya, sebab itu berarti dia tak  perlu lagi mengejar kelinci itu.

“Akhirnya aku dapatkan juga,” ucap si Petani seraya mengambil kelinci yang tergeletak Petani itu sangat senang. Hari ini ia tak perlu lagi bekerja di Iadang. Ia sudah mendapatkan kelinci untuk makan hari ini. Petani itu lalu pulang ke rumahnya dengan riang gembira.

“Andai saja setiap hari aku bisa mendapatkan kelinci. Aku tak perlu susah-susah lagi menggarap ladangku,” gumam Petani. Dilansir dari Dongengceritarakyat.com (13/11/2020).

“Aha! Lebih baik besok aku menunggu kelinci saja datang padaku. Jadi aku tak perlu bekerja lagi di ladang,” seru si Petani.

Keesokan harinya, si Petani tetap datang ke ladang.Tetapi bukan untuk bertani, rnelainkan menunggu jikalau ada kelinci. Namun, rupanya hail ini tak seberuntung kemarin. Tak ada kelinci lewat di depannya. Alhasil ia pun pulang dengan muka masam.

Hari berikutnya pun sama. Petani hanya menunggu kelinci datang padanya. Ia tak menggarap ladangnya sehingga tanaman yang sudah ia tanam menjadi kering, tak menghasilkan apa pun. Petani itu pun akhirnya kekurangan makanan.

“Andai saja kemarin aku tetap menggarap ladangku, pasti tanamanku tidak akan mati seperti ini. Ini semua karena kelinci,” ucap si Petani.

Petani sangat menyesal karena selama ini bermalas-malasan. Maka sekarang ia pun harus membayar rasa malasnya itu dengan perut yang keroncongan

Pesan moral dari Contoh Dongeng Singkat : Menunggu Kelinci (Cina) adalah malas itu tak baik. Malas hanya membuatmu rugi. Jangan menyalahkan orang lain karena kemalasanmu, tapi koreksilah dirimu sendiri. Ayo semangat. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: