Contoh Dongeng Pendek Dari Cina Raja Chu Yang Licik

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 13 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Suatu sore, Raja Chu mengadakan rapat dengan para menteri. Besok, raja dari negeri tetangga akan datang berkunjung ke istananya. Raja Chu berniat untuk mempermalukan temannya itu. Raja Chu memang suka sekali membuat orang lain merasa bersalah.

“Pikirkan, apa yang harus aku lakukan besok Pokoknya, Raja Yan harus bisa dipermalukan di istanaku” ucap Raja Chu kepada para menterinya.

Salah seorang perdana menteri mengajukan usul.”Bagaimana kalau besok kita bawa salah satu penduduk, lalu kita tuduh dia sebagai pencuri dari negeri Raja Yan. Raja Yan pasti akan sangat rnalu mengetahui hal itu.”

”Ide yang sangat bagus,” sahut Raja Chu, dilansir dari dongengceritarakyat.com (12/11/2020).

Keesokan harinya, Raja Yan datang ke istana. la dijamu dengan sangat baik. Namun, saat sedang asyik makan. Tiba-tiba pengawal datang, membawa seseorang yang dituduh pencuri

“Raja, kami menangkap pencuri yang berasal dari negeri Raja Yan,” ucap salah satu pengawal

“Apakah orang dari negeri Raja Yan memang suka mencuri?” sindir Raja Chu. Semua tamu yang datang menertawakan Raja Yan.

Sebenarnya Raja Yan ingin sekali marah. Namun, ia tetap sabar dan berpikiran tenang Raja Yan yang bijaksana tetap tersenyum. Ia lalu berdin di hadapan Raja Chu.

“Raja Chu, saya dengar jeruk yang ditanam di negeri ini semuanya asam. Padahal, jeruk yang sama, yang ditanam di negeri saya hasilnya sangat manis. Semua orang pun tahu tentang manisnya jeruk di negeri saya,” ucap Raja Yan

“Apa yang kau katakan. Lalu apa hubungannya dengan pencuri ini?” tanya Raja Chu, keheranan.

“Orang ini saat di negeri saya tak pernah mencuri.Tetapi, kenapa di negerimu dia mencuri? Apakah benar negerimu mudah sekali mengubah orang menjadi jahat?”tanya Raja Yan.

Raja Chu sangat malu mendengar perkataan Raja Yan. Ia dan para menterinya pun diarn membisu. Raja Yan pun pamit pulang dengan tetap tak memendam dengki.

Pesan moral dari Contoh Dongeng Pendek : Raja Chu Yang Licik (Cina) adalah orang yang suka berniat jahat kepada orang lain, maka dia akan mendapatkan buah dari kejahatannya. Tetaplah semangat dalam berbuat kebaikan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: