Contoh Cerpen Anak Dari Yunani Berjudul Anjing Pemalas

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Sabtu, 21 Maret 2020

Indolinear.com, Jakarta – Seorang pandai besi memiliki seekor anjing. Namun, anjing itu sangatlah malas. Setiap hari tuannya bekerja keras untuk mendapatkan uang. Tetapi, si anjing hanya tidur meringkuk di sudut rumah tuannya.

“Lebih baik aku tidur saja. Tuanku pasti akan memberikan makan untukku nanti,” pikir si anjing pemalas.

Seperti itulah setiap hari. Anjing itu kerjanya hanya tidur, tidur, dan tidur. Sungguh tak berguna sama sekali.

Suatu hari, pandai besi itu memperhatikan anjingnya. Ia berpikir, selama ini anjing yang dirawatnya tak pernah sekali pun membantunya.

Seharian si pandai besi itu bekerja keras. Keringat bercucuran. Terlihat wajahnya sangat kelelahan. Tetapi, anjing itu sama sekali tak merasa kasihan pada tuannya.

Suatu ketika, si Pandai Besi duduk beristirahat, hendak makan siang. Ia mengambil makanan yang sudah ia siapkan. Kemudian  anjingnya yang suka bermalas-malasan itu menghampiri tuannya dengan girang. Sebenarnya si Pandai Besi sangat jengkel. Saat tiba waktunya makan, anjing itu datang padanya. Tetapi saat pandai besi itu bekerja, ia hanya tidur meringkuk di sudut rumahnya.

“Ini tulang untukmu,” dengus si Pandai Besi, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (20/03/2020).

Anjing itu sangat senang menerima tulang itu. Ia sama sekali tak memikirkan perasaan si Pandai Besi. Harusnya anjing itu bisa membantu, tetapi ia terlalu malas untuk itu.

“Kau ini malas sekali. Aku menyesal telah merawatmu,” ujar si Pandai Besi.

Anjing itu hanya diam. Usai makan, ia kembali lagi ke tempat semula ia tidur. Sungguh kesal hati si Pandai Besi.

“Esok aku tidak akan memberimu makan jika kau terus-terusan malas,” ucap si Pandai Besi. Si Pandai Besi pun kembali bekerja, sementara anjingnya yang malas itu kembali meringkuk dan tidur di sudut rumah. Si anjing pemalas sama sekali tak menghiraukan ucapan si Pandai Besi. Si Pandai Besi selalu berkata seperti itu, jadi bagi si anjing, itu semua hanya gertakan saja.

Pesan moral dari Contoh Cerpen Anak Anak : Anjing Pemalas (Yunani) adalah sifat malas akan membuat seseorang merugi bahkan tak disukai oleh orang lain. (Uli)

INDOLINEAR.TV