Contoh Cerita Pendek Singkat Yang Berjudul  Ide Cemerlang Yunani

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 20 Maret 2020

Indolinear.com, Jakarta – Malam ini kelompok tikus membuat perkumpulan. Mereka sedang membahas tentang kucing. Selama ini yang mereka takuti memang kucing.

Tikus-tikus itu tinggal di salah satu rumah manusia. Untuk bertemu, mereka harus menghadapi bahaya kucing. Mereka selalu diburu. Hal itu membuat semua tikus geram.

“Bagaimana agar kucing-kucing itu berhenti mengejar kita?” tanya salah satu tikus, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (19/03/2020).

Beberapa tikus mulai berpikir. Rasanya untuk membuat kucing berhenti mengejar mereka sungguh tak mungkin. Kecuali jika mereka meninggalkan rumah itu jauh-jauh. Tapi, para tikus tak mau pergi dari rumah itu. Di mana lagi tempat yang nyaman selain rumah tersebut.

“Kalau meninggalkan rumah ini, justru kita akan menghadapi lebih banyak bahaya,” ucap Tikus Tua.

“Ya, malah bahayanya melebihi kucing di sini,” balas tikus lainnya.

Salah satu tikus terlihat termenung, sepertinya ia memiliki ide yang bagus. “Kalau begitu, bagaimana kalau kita menghindar saja dari kucing itu?” ucapnya, tiba-tiba.

“Bagaimana caranya?” tanya Tikus Tua.

“Kita harus tahu apakah kucing itu ada di dekat kita atau tidak. Misalnya dengan menaruh lonceng di leher kucing itu,” jawabnya tenang.

“Itu ide yang cemerlang! Kalau di leher kucing ada loncengnya, kita akan tahu dari bunyi lonceng itu, apakah kucing itu ada di dekat kita atau tidak.” timpal tikus lainnya.

“Wah, keren sekali idemu.” sahut tikus lain.

Semua tikus setuju dengan ide itu. Namun mereka tak berpikir, siapa tikus yang akan meletakkan lonceng itu ke leher kucing.

“Lalu apakah kau yang akan menaruh loncengnya?” tanya Tikus Tua.

Kucing itu tersenyum pahit. Tentu saja, ia tak mau menjadi santapan kucing yang ganas. Ia menggeleng pelan. Teman-teman tikus lain pun tak ada yang mau melakukan hal itu. Mereka memang setuju dengan ide tersebut, namun itu terlalu membahayakan jiwa mereka.

“Tak ada yang mau memasang lonceng ini, jadi percuma saja ide cemerlangmu,” ucap salah satu tikus.

Akhirnya ide yang dianggap cemerlang itu tak dilaksanakan juga. Sampai sekarang, kucing terus memburu dan mengintai tikus.

Pesan moral dari cerpen dongeng anak bergambar : Ide Cemerlang Yunani adalah pikirlah matang-matang sebelum memutuskan sesuatu. Ide yang dianggap cemerlang pun, jika tak dilakukan, maka tak ada gunanya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

INDOLINEAR.TV