Colin Zheng Huang Pemilik Pinduoduo Jadi Orang Terkaya Di China

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 26 Juni 2020
KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT KECANTIKAN. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Miliarder e-commerce Shanghai, Colin Huang, telah melewati Jack Ma sebagai orang terkaya kedua di China, menurut Forbes Real-Time Billionaire Index pada Minggu (21/6/2020).

Colin Zheng Huang, usia 40, mendirikan platform diskon online Pinduoduo pada 2015.

Dia membawa perusahaan e-commerce publik di Nasdaq pada tahun 2018.

Menyusul kenaikan harga saham 14,5% pada hari Jumat (19/6/2020) yang meningkatkan kekayaan Huang sebesar $ 4,5 miliar.

Colin Zheng Huang sekarang bernilai $ 35,6 miliar, menurut Forbes – menjadi orang terkaya ke-25 di dunia.

Dalam istilah kekayaan bersih, itu menempatkannya di belakang dua raksasa internet China yaitu Ketua Tencent Ma Huateng (senilai $ 46,4 miliar) dan salah satu pendiri Alibaba Jack Ma (senilai $ 41,3 miliar), yang perusahaannya masing-masing dimulai pada tahun 1998 dan 1999.

Saham Pinduoduo telah meroket selama dua bulan terakhir di tengah meningkatnya permintaan untuk belanja online selama pandemi coronavirus.

“Covid-19 telah melepaskan kekuatan kuat yang mengubah cara kita hidup, bekerja dan bermain.

Ini telah menekan perubahan perilaku selama bertahun-tahun dan mempercepat adopsi perdagangan online pada kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Huang seperti dikutip dari Tribunnews.com (24/06/2020).

“Misi kami tidak pernah lebih relevan atau menonjol di masa-masa yang penuh tantangan ini, yaitu untuk menyediakan lingkungan yang menyenangkan dan menarik bagi orang-orang untuk berbelanja bersama dan mendapatkan nilai terbaik untuk uang mereka,” pungkasnya.

Perusahaan ini dikenal karena memelopori e-commerce sosial di China.

Pembeli bisa mendapatkan harga yang lebih rendah jika mereka dapat menemukan orang lain yang akan membeli barang bersama mereka dalam kelompok.

Model ini menjadi hit, menarik 100 juta pengguna aktif bulanan ke platformnya di tahun pertamanya.

Pembeli aktif dalam dua belas bulan yang berakhir 31 Maret 2020 naik menjadi 628 juta orang, dibandingkan dengan 443 juta tahun lalu.

Sementara rata-rata pengeluaran per pembeli meningkat 47% menjadi $ 260, perusahaan mengatakan dalam laporan pendapatan kuartalan pada Jumat pagi.

Perusahaan mencatat pendapatan sebesar $ 923,8 juta pada kuartal pertama (hingga akhir Maret) – naik 44% dari periode yang sama pada tahun 2019.

Kerugian bersihnya juga melebar menjadi $ 582 juta, naik sekitar 120% dari tahun sebelumnya.

Namun, investor tampaknya bullish pada potensi pertumbuhan Pinduoduo.

Saham, yang turun menjadi $ 31,77 per saham pada 18 Maret di tengah jatuhnya pasar coronavirus, rebound untuk ditutup pada rekor $ 68,70 per saham pada hari Jumat.

Huang, yang memiliki 45% saham di perusahaan itu, adalah orang terkaya kedelapan di Cina pada pertengahan Maret, dengan kekayaan bersih $ 16,5 miliar.

Sebelum mendirikan Pinduoduo, Huang mendirikan Xinyoudi Studio untuk mengembangkan dan mengoperasikan game online.

Dia juga mendirikan Ouku.com, sebuah perusahaan yang mengoperasikan platform online untuk elektronik konsumen dan peralatan rumah tangga, menurut sebuah biografi dalam pengarsipan saham Pinduoduo tahun ini.

Huang memulai karirnya di kantor pusat Google di AS pada tahun 2004, dan kemudian pindah ke China sebagai bagian dari tim yang mendirikan Google China.

Huang dilatih sebagai ilmuwan data dan telah mempresentasikan karyanya di konferensi internasional seperti ACM SIGMOD Conference dan International Conference on Machine Learning.

Huang memegang gelar sarjana dalam bidang ilmu komputer dari Universitas Zhejiang dan gelar magister dalam bidang ilmu komputer dari Universitas Wisconsin-Madison.

Bicara orang terkaya pasti tidak lepas dari sosok Bill Gates. Pendiri Microsoft ini punya strategi jitu untuk terus meningkatkan kekayaannya. Link ini menyajikan beritanya.(Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: