Chef Budiono, Pria Pemalang Yang Pernah Ikut MasterChef Di Inggris

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 10 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Beberapa waktu lalu, gelaran MasterChef Indonesia Season 9 kedatangan seorang tamu spesial. Dia merupakan salah seorang chef yang didatangkan langsung dari London dan pernah menjadi peserta MasterChef Inggris.

Ia pun pernah bekerja sebagai chef di beberapa hotel berbintang di London. Tak disangka, chef itu ternyata asli Indonesia. Namanya Budiono bin Sukim, atau lebih dikenal dengan nama Chef Budi.

Lebih tak disangkanya lagi, Chef Budi merupakan pria kelahiran Pemalang, Jawa Tengah. Masa kecilnya banyak dihabiskan di Jakarta karena mengikuti orang tuanya yang merantau dari tanah kelahiran.

Lantas bagaimana cerita perjalanan Chef Budi? Berikut selengkapnya:

Chef Budi memulai karier sebagai chef mulai dari nol. Saat menginjak SMA, dia sudah membantu kakaknya berjualan otak-otak.

Setelah SMA, dia melamar pekerjaan di berbagai instansi yang ada di Jakarta. Setelah perjuangan mencari kerja, Chef Budi akhirnya diterima bekerja di salah satu restoran terkenal sebagai tukang cuci piring.

Sejak saat itu kariernya menanjak. Setelah jadi tukang cuci piring, dia dipindah tugas menjadi pembersih dapur. Di sana dia banyak belajar bagaimana seorang koki bekerja.

Setelah dua tahun bekerja di dapur, barulah Chef Budi diizinkan untuk memasak. Sayangnya dia baru diizinkan untuk masak nasi goring, dilansir dari Merdeka.com (08/05/2022).

Pantang Menyerah

Singkat cerita, Chef Budi berhasil menjadi asisten pembantu dapur pada sebuah hotel berkelas tinggi di Jakarta. Dengan bekerja di hotel tersebut, dia berkesempatan untuk berkarya di luar negeri. Hanya dia mengaku tak mendapatkan kesempatan itu dengan mudah. Banyak lamarannya ditolak.

Namun dia pantang menyerah sehingga terus mengajukan lamaran. Pada lamarannya ketujuh, Chef Budi berhasil mendapatkan pekerjaan di London, Inggris.

Selama bekerja di London dia berkesempatan mempromosikan hidangan Nusantara yang disajikan dengan kemasan yang lebih modern.

Karena keinginan untuk lebih memperkenalkan lagi makanan Indonesia di Inggris dan seluruh Eropa, pada 2018 silam ia mengikuti ajang kompetisi memasak, Masterchef Inggris.

“Masakan Indonesia kita sebenarnya tidak familiar. Walau tidak jauh dari masakan Jepang dan Thailand, tapi masakan Indonesia sebenarnya jauh lebih kompleks karena kita berada di garis ekuator. Jadi ini kesempatan buat kita, buat kalian yang masih muda,” kata Chef Budi. (Uli)