Cerpen Dongeng Anak Dari Cina Rubah Dan Harimau

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 8 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seekor harimau memergoki rubah sedang berjalan sendirian. Aha! Hal itu membuat harimau senang. Itu artinya ia bisa menangkap rubah dengan mudah.

“Hei, mau ke mana kau sendirian? Kebetulan sekali, aku sedang lapar,” ujar Harimau, garang.

Rubah yang cerdik tak kehilangan akal. la langsung menjawab perkataan harimau. “Aku mau ke tempat temanku. Sebaiknya kau tidak menghalangiku.Tahukah kau, aku adalah raja di hutan ini. ltu adalah takdir Tuhan, dan kau tak boleh menolak takdir itu,” ucap Rubah.

Harimau tak percaya mendengar ucapan Rubah.Tentu saja, tidak pernah ada sebelumnya seekor rubah menjadi raja hutan.

“Kalau kau tak percaya, ikutlah denganku. Kau akan melihat banyak binatang yang ketakutan ketika melihatku,” ujar Rubah.

Harimau lalu mengikuti Rubah. Rubah membawanya ke padang rumput. Di sana ada banyak hewan yang sedang asyik memakan rumput. Melihat ada harimau, semua binatang lari ketakutan. Tetapi, harimau tak menyadarinya. Ia  mengira para hewan takut karena melihat Rubah.

“Kau lihat kan? Semua binatang lari melihatku.” ujar Rubah, bangga, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (07/11/2020).

“Tetapi aku masih belum percaya. Coba kau bawa aku ke tempat lain, apakah binatang-binatang itu masih takut denganmu?” pinta Harimau.

Rubah lalu membawa harimau kepada sekumpulan rusa. Kumpulan rusa yang sedang asyik bermain sontak lari ketakutan saat melihat harimau. Tetapi, harimau tak menyadari hal itu. Ia menyangka bahwa rusa-rusa itu takut kepada rubah.

Kini harimau percaya bahwa rubah memang ditakuti oleh para binatang, dan merupakan raja hutan. Harimau lantas pergi tanpa mendapatkan makanan.

Pesan moral dari Cerpen Dongeng Anak : Rubah Dan Harimau (Cina) adalah jangan suka menakut-nakuti teman. Kalau tidak, kamu bisa kena batunya. Tetaplah menjadi anak yang baik. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: